Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMP N 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata

Dewi Tiara Pratiwi(1*), Isnaini Nurlia Sapitri(2), Suharyadi Wibowo(3), Yeni Prastiwi(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Lingkungan mempunyai peran penting bagi manusia karena dapat menunjang kehidupan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan harus dijaga dari kerusakan oleh semua pihak tanpa terkecuali. Pihak sekolah merupakan salah satu pihak yang berperan penting dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa. SMP N 2 Gatak menanamkan karakter peduli lingkungan melalui berbagai kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa dan persiapan SMP N 2 Gatak menuju sekolah Adiwiyata. Metode penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggambarkan dan menjelaskan permasalahan dalam bentuk teks, yang dilaksanakan di SMP N 2 Gatak melalui kegiatan PLP I dalam waktu pelaksanaan selama 2 minggu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipatif yaitu mengumpulkan data-data dari pengamatan langsung dan wawancara kepada narasumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya program Adiwiyata dapat meningkatkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMP N 2 Gatak.

Full Text:

PDF

References

Adam, Ahmad Fajarisma Budi. 2014. Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2, No. 2, Hlm. 166-173.

Aini, Maisyarotul Huril. 2014. Penguasaan Konsep Lingkungan Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sma Adiwiyata Mandiri Di Kabupaten Mojokerto. Jurnal Bioedu. Vol. 3, No. 3, Hlm. 479-484.

Al-Anwari, Amirul Mukminin. 2014. Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Ta’dib. Vol. 19, No. 2, Hlm. 227- 252.

Ardianti, Sekar Dwi, dkk. 2017. “Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Model EJAS dengan Pendekatan Science Edutainment”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol 4. No 1. Hal : 1.

Azmi, Fadila dan Elfyetti. 2017. “Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata di SMA Negeri 1 Medan”. Jurnal Geografi. Vol 9. No 2. Hal : 126.

Bahrudin, Mohammad Dendy Fathurahman. 2017. “Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang”. Jurnal Pendidikan Geografi. Vol 17. No 1. Hal : 27.

Desfandi, Mirza. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Sosio Didaktika. Vol. 2, No. 1, Hlm. 31-37.

Harlistyarintica, Yora, dkk. 2017. “Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik di Kawasan Parangtritis”. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 6. No 1. Hal : 22.

Iswari, Rizky Dewi & Suyud W. Utomo. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan. Vol. 15, No. 1, Hlm. 35-41.

Landriany, Ellen. 2014. Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 2, No. 1, Hlm. 82-88.

Lestari, Yeni. 2018. “Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam”. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol 4. No 2. Hal : 332.

Mulyana, Rachmat. 2009. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Vol. 6, No. 2, Hlm. 175-180.

Nurani, Novian Fitri., Saiful Ridlo & Sri Mulyani Endang Susilowati. 2014. Pengembangan Modul Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) Berbasis Karakter Untuk Menumbuhkan Wawasan Dan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Journal of Biology Education. Vol. 3, No. 1, Hlm. 53-60.

Rahmawati, Ira. 2015. Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Melalui Sekolah Adiwiyata Di Smp Negeri 28 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 1, No. 3, Hlm. 71-88.

Widyaningrum, Ratna. 2016. Pembentukankarakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli Dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Widya Wacana. Vol. 11, No. 1, Hlm. 108-116.

Article Metrics

Abstract view(s): 860 time(s)
PDF: 1425 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.