PENERAPAN ULANGAN HARIAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PHT BERBASIS ANDROID DI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA

Nidaul Hasanah(1*), Linda Asmawati(2), Aprilia Saputri Riski Pratiwi(3), Nur Alifa Aulia Putri(4), Indah Dwi Utami(5), Hepy Adityarini(6)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tuntutan global menuntut dunia pendidikan di Indonesia agar menyesuaikan perkembangan teknologi dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan ulangan harian matematika menggunakan PHT (Penilaian Harian Terstruktur) berbasis android. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 23 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan observasi lingkungan sekolah, wawancara narasumber dengan guru dan teknisi, serta angket responden siswa terhadap PHT berbasis android. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan PHT berbasis android dari perspektif guru dan teknisi sudah cukup baik namun, dari prespektif siswa masih kurang diminati. 

Full Text:

PDF

References

Al-Karimah, A. Rusdi. Fachruddin, M. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis dan Sudut Untuk Siswa SMP/Mts kelas VII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Vol. 1, No. 1, Agustus.

Haeriani, H. Gani, Hamsu. Mappalotteng, A. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Animasi Berbasis Multimedia Interaktif Model Tutorial Pada Materi Garis dan Sudut Untuk Siswa SMP/Mts Kelas VII. Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Hasan, T. Putri, N. Salsabila, A. Wijayanto, B. (2019). Pelatihan Pembuatan dan Penggunaan Media Pembelajaran Matematika “SERU” pada Guru SD Negeri Kertonatan 2. PKM-M. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nawahoke, S. Jodhinata, A. (2013). Aplikasi Ulangan Harian Untuk Siswa SMA Berbasis Client Server. Jurnal GEMA AKTUALITA. Vol. 2, No. 2, Desember.

Prabowo, D. Supraptono, E. Safi’i, R. (2016). Efektivitas Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Api Gesture Untuk Mengenal Aksara Korea. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Vol. 17, No. 2, April.

Ruangguru. (2016). Infografis: Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan oleh Guru di Indonesia. URL: blog.ruangguru.com Diakses tanggal 6 Februari 2020.

Article Metrics

Abstract view(s): 423 time(s)
PDF: 548 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.