IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA

Feri Revita(1*), Metha Dewa(2), Listy Anjani(3), Muhad Fatoni(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Surakarta, dan mengetahui kendala apa saja yang di alami guru bahasa Indonesia dalam implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fe- nomenologis. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VII di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial siswa di lakukan di luar kelas berkaitan dengan peraturan sekolah yang menjadi kebiasaan dan di dalam kelas di sesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter yang nantinya dapat membentuk sikap dan perilaku sosial siswa. Sikap dan perilaku sosial siswa SMP AL-IRSYAD Surakarta dapat dikatakan sudah baik. Kendala yang di alami guru bahasa indonesia adalah peraturan pemerintah yang berubah-ubah serta karakteristik siswa yang berbeda-beda.

Full Text:

PDF

References

Agboola, Alex.dkk. (2012). Bring Character Educa- tion into Classroom. European Journal Of Educational Research: 1(2).

Efianingrum, A. (2008). Kultur Sekolah un- tuk Membangun Good School. Diakses dar http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Kultur%20Sekolah%20&%20 Good%20School.pdf

Hasan, S. H., et al. (2010). Pengembangan Pen- didikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum, Badan Pe- nelitian dan Pengembangan, Kemen- terian Pendidikan Nasional.

Kesuma, Dharma, dkk. (2011). Pendidikan Ka- rakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Moerdiyanto. (2012). Fungsi Kultur Sekolah Menengah Atas untuk Mengembang-kan Karakter Siswa menjadi Generasi Indonesia 2045. Diakses dari http://staff.uny.ac.-id/sites/default/files/penelitian/

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter. I(2) hlm, 47-58.

Utomo, Cahyo Budi dkk. (2017). Peranan Pembela- jaran Sejarah Dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung. Jurnal Paramitha . 5(2).

Article Metrics

Abstract view(s): 435 time(s)
PDF: 704 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.