Pengaruh Homeschooling dan School Visit Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) di Era Pandemi Covid-19

Khusnul Khotimah(1*), Ira Prasetiyani(2), Nafiah Nur Shofia Rohmah(3)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh homeschooling dan school visit jika di berlakukan pada Anak Usia Dini yang di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian kualitatif dengan intrumen penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian program homeschooling dan school visit di era Covid-19: (1) berpengaruh terhadap proses belajar anak, perkembangan anak; (2) Guru dituntut agar lebih kreatif dan inovatif; (3) peran orang tua. , Anak yang terbiasa dengan sekolah formal harus beradaptasi dengan metode homeschooling dan school visit.

Full Text:

PDF

References

Adityo Susilo, Alvina Widhani, dkk. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 45-46.

Arifah P. Satrianingrum, I. P. (2020). Persepsi Guru Dampak pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 633-640.

Ghaisani, l. (2019). Pengaruh homeschooling terhadap kemampuan bersosialisasi anak.

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130.

Jogloabang Community. (2019). UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Jogloabang.

Khirjan Nahdi, S. R. (2020). Implementasi Pembelajaran Pada Mada Lockdown Bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 178-179.

La Hewi, L. A. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 159-160.

Nengsih, Y. K. (2017). Studi Komparatif Pengelolaan Pembelajaran pada Homeschooling Primagama dengan Homeschooling Anugrah Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 101-112.

Ramdhani, G. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi, Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat. Jakarta: Liputan6.com.

Yahya, A. N. (2020). Memasuki Bulan September, Kasus Covid-19 di Indonesia Capai 174.796. Jakarta: KOMPAS.com.

Yuli Tri Andini, M. D. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam. 207-216.

Article Metrics

Abstract view(s): 1193 time(s)
PDF: 1849 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.