Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika melalui Penerapan Pendekatan Problem Solving

Pratiwi Dian Anggraini(1*), Dias Aziz Pramudita(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kemampuan belajar ialah suatu bentuk pengukuran dan penilaian peserta didik terhadap hasil belajar yang telah dilakukan setelah peserta didik melakukan proses kegiatan pembelajaran. Pembelajaran matematika berbasis daring perlu dilakukan pendampingan secara khusus melalui penggunaan secara khusus melalui pengunaan model-model pembelajaran agar hasil belajar lebih baik. Namun kenyataan dilapangan penggunaan model berbasis problem solving belum diterapkan di sekolah-sekolah. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman matematika di SDN 04 Kemiri melalui pembelajaran berbasis problem solving. Apakah penerapan pembelajaran berbasis problem solving efektif. Apabila faktor penyebab tersebut dibiarkan dapat mempengaruhi hasil belajar dari peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif untuk mengetahui cara cara dan teori untuk Meningkatkan kemampuan belajar matematika dengan metode problem solving. Diperoleh hasil dari penelitian menggunakan teknik obervasi dan wawancara pada awal pertemuan hingga pertemuan ketiga mengalami perkembangan dan peningkatan.  Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, terdapat beberapa hal yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu: Seperti yang telah diuraikan diatas menjelaskan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem solving secara benar merupakan alternatif yang dapat dilakukan agar kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menjadi lebih aktif dan efisien serta dapat mempermudah proses belajar siswa.

Full Text:

PDF

References

Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822

Ardiyanto, D. S. (2013). Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands on Problem Solving untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Tahun (pp. 157-184).

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294-303..

Cahyani, E. D. (2017). Pembelajaran Matematika berbasis Masalah dengan Strategi Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa MTs. Jurnal Varidika, 28(2), 140–149. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.3029

Imawati, S. (2020). Penerapan Problem Solving Berorientasi Kontekstual Untuk Meningkatkan Komunikasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Varidika, 32(1), 80–93. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i1.11579

Kusno, K., & Setyaningsih, E. (2021). Self-Regulated Learning of Mathematics for Teacher Prospectives in the Development of Student E-Worksheets. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 205. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3911

Maesari, C., Marta, R., & Yusnira, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 92-102..

Mayer, R. E. (2012). Problem Solving. Encyclopedia of Human Behavior: Second Edition, 181–186. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-375000-6.00290-1

Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.

Raden, I., & Lampung, I. (2015). No Title. 6(2), 121–129.

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Kelas V dengan berbasis Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 8(2), 182–190.

Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Posing dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7155

Somantri, G. R. (2005). Makara Human Behavior Studies in Asia Memahami Metode Kualitatif. 9(2), 57–65.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Sulaeman, M. G., Jusniani, N., & Monariska, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 66. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.992

Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa dalam Konten Perubahan dan Hubungan pada Siswa SMP. Jurnal Varidika, 31(1), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8898/4794

Syah, M. F. J., Amalia, N., Utami, S. B., Astuti, N. D., & Rohmadi, M. (2021). Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14667

Wahyuni, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Prediksi Soal-Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Jigsaw pada Peserta Didik Kelas IX A SMP Negeri 4 Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Varidika, 26(2), 175–181. https://doi.org/10.23917/varidika.v26i2.687

Winarso, W. (2014). Problem Solving, Creativity dan Decision Making dalam Pembelajaran Matematika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.3

Article Metrics

Abstract view(s): 232 time(s)
PDF: 216 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.