Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Pelajaran Bahasa Indonesia SMP

Faradilla Ihsan Inzani(1*), Belgia Wahyu Fadhillah(2), Silvia Marni(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas PGRI Sumatra Barat
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat keaktifan belajar siswa melalui belajar daring pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Teknik analisis data yang dipakai yaitu analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian memaparkan bahwa didapati penurunan dan kenaikan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring saat pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung. Aktivitas guru untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran daring terlibat dalam proses belajar mengajar siswa yaitu dari antusias siswa dalam pelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia sangat besar, dari individu maupun secara kelompok dari tugas yang diberikan dan cara mengerjakan tugas, dengan aktif bertanya, aktif memeberikan pendapat, dan memberi masukan. Dalam keadaan seperti ini kaitanya dengan keaktifan siswa bisa disebut naik turun karena terkendala masalah yang tidak bisa ditebak karena kondisi sedang pandemi. Dengan mengamati keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung daring yaitu dari semua aktivitas siswa saat ikut proses pembelajaran dapat dibuktikan siswa sudah melakukan pembelajaran dengan pendeketan pembelajaran saintifik. Pembelajaran daring bisa diliihat masih ada beberapa dari siswa yang mendengarkan dan beberapa siswa mencatat yang sudah dijelaskan oleh guru. Tetapi masih terlihat bahwa ada beberapa siswa terkendala saat melaksanakan pelajaran daring. Ada beberapa faktor atau alasan yang bisa mempengaruhi keaktifan siswa waktu proses pembelajaran daring. Dilihat atas hasil penelitian tersebut dapat simpulkan bahwa dengan belajar daring didapati persentase peningkatan belajar daring dari pembelajaran ke I dan pembelajaran ke II.

Full Text:

PDF

References

Aritonang, Tioman. (2019). Meningkatkan Minat Belajar PKN dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tari Bambu. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 31-38.

Daryanto, Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Hamdani, dkk. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VII di SMP Negeri ll Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1).

Hanifah, Ifah. (2014). Hubungan antara Persepsi Mahasiswa PBSI tentang Profesi Guru dengan Prestasi Belajar Mahasiswa PBSI di Universitas Kuningan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2).

Hidayati, Ratih. (2018). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Pair Check. Ekuivalen, 31(2), 95-100.

Jamaluddin, Dindin. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi, dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, hal: 4 – 8.

Jayul, Achmad, & Irwanto, Edi. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Kholifah, Umi, etc. (2014). Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sudimoro. IJNS: Indonesian Journal on Networking and Security, 3(3), 50-54.

Kusumawardhani, Dwi Ayu & Burhanuddin. (2020). Analisis Kepuasan Peserta Didik terhadap Layanan Evaluasi Hasil Belajar Online. Jamp: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1),90-101.

Larlen. (2013). Persiapan Guru bagi Proses Belajar Mengajar. Pena, 3(1), 81-91.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 119.

Nuraeni, dkk. 2009. Analisis struktur Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Warung Kiara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal ADHUM, 9(1), 7-14.

Nur, L. C. N. (2020). Implementasi Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Should and Offering di Kelas XI IPS 1 MA Mambaul Ulum Megaluh. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 6(1), 65-72.

Pasribu, Titi Silaniasti. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita oleh Siswa Kelas VIII-1 di SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 6(1),45-52.

Putri, R. Ayu, Sumin, etc. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pendekatan Saintifik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Restiana, Mita dan Ramadhan Anggit Sastrawan. (2020). Keefektifan Pembelajaran Daring Teks Iklan Slogan dan Poster Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery Learning Kelas VIII di MTS Negeri 7 Bantul. MAFSAU Jurnal Penelitian Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Pamulang, 1(1), 39-44.

Rofikoh, Evi. (2021). Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Metode Information Search Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Teks Iklan di SMP Negeri 3 Kasihan Bantul Pada Kondisi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 30(2),199-206.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Subakti, Hani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Slogan dan Poster dengan Pendekatan Proses Siswa Kelas VIII SMP Syaichona Choilil Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 85-97.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Dwijo. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran Model Two Stay Two Stray pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(1), 72-81.

Sutisno, Aliet Noorhayati & Nurdiyanti, Dewi. (2020). Sistem Daring Pembelajaran Agar Realisasi Merdeka Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 265-273.

Wirasa, I Wayan, etc. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Mastery Learning berbasis Penilaian Kinerja terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa SD Kelas V Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-11.

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664

Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.

Article Metrics

Abstract view(s): 314 time(s)
PDF: 242 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.