Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling

Febiyanti Febiyanti(1*), Ayu Desiyanti(2), Rohmaniatul Fadhilah(3), Agus Susilo(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi (1)  implementasi  nilai pendidikan  karakter,  (2) nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan,  (3)  faktor  pendukung  dan  penghambat,  dan  (4)  hasil dari  implementasi  pendidikan  karakter  di  Institute President School Bekasi.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan  studi  kasus.  Subjek  penelitian  adalah  kepala  sekolah,  tutor, orang tua,  dan  homeschooler  kelas 10  dan 11 jenjang  SMA.  Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  wawancara, observasi,  dan  dokumentasi.  Keabsahan  data  dilakukan  melalui  pengamatan  terus  menerus dan trianggulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karak- ter dilakukan secara terpadu pada mata pelajaran, manajemen sekolah, dan ekstrakurikuler (2) Nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan  kepada  homeschooler  mengacu  pada  finger  print  scan yaitu  tanggung  jawab,  rasa  hormat,  keadilan,  keberanian,  jujur,  disiplin,  peduli,  ketekunan, dan  kemandirian.  (3)  Faktor  pendukung  yaitu  pendekatan  secara  personal  dan  faktor  peng- hambat  yaitu  latar  belakang  keluarga  yang  sering  memanjakan  anak.  (4)  Hasil  dari  implementasi  pendidikan  karakter  adalah  perubahan  sikap  dan  peningkatan  hasil  belajar  homeschooler.

Full Text:

PDF

References

Dewantara, Ki Hadjar. (1977). Karya Ki Hadjar Dewantara: Bagian pertama: Pendidikan. Bekasi: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid 19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Amini, A. D., Subekti, E., Reni, D., Pertiwi, K., (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Ghozali, A. L., Sumardjoko, B., Fathoni, A., & Rahmawati, L. E. (2021). Program Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 216. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a8.2021

Huda, M., Ghazali, S. A., Siswanto, W., & Hasanah, M. (2019). Cognitive level of characters in the Indonesian novel as a source of learning. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 931–952. https://doi.org/10.17478/jegys.623308

Huda, M., & Purnomo, E. (2020). The Basic Values of Humanity in an Indonesian Language Textbook used in Junior High Schools. KnE Social Sciences, 2020, 124–134. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7864

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Kembara, Maulia D. (2007). Panduan lengkap homeschooling. Bandung: Progressio.

Kirschenbaum, H. (1995). 100 ways to enhance value and morality in schools and youth settings. Boston: Allyn and Bacon.

Lickona, T. (1991). Educating for character, how our schools can teach respect. Respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Lickona, T. (1993). The return of character education [versi elektronik]. Educational Leadership Journal, 51, 6- 11.

Lickona, T. (2004). Character matters: how to help our children develop and good judgment, integrity, and other essential virtues. New York: Simon & Schuster Inc.

Linsenbach, S. (2010). the everything homeschooling book: all you need to create the best curriculum and learning environment for your child (2rd ed). Adams Media: Avon.

Megawangi, Ratna. (2009). Pendidikan karakter Solusi yang tepat Untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Heritage Foundation.

Mulyadi, Seto. (2007). Homeschooling Keluarga Kak Seto: Mudah, Murah, Meriah, dan Direstui Pemerintah. Bandung: Kaifa.

Saputro, Abe. (2007). Rumahku Sekolahku: Panduan Bagi Orang Tua untuk Men- Ciptakan Homeschooling. Bekasi: Graha Pustaka.

Yin, R.K. (2008). Studi Kasus Desain & Metodologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zuchdi, Darmiyati dkk. (2012). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Bekasi: UNY Press.

Article Metrics

Abstract view(s): 393 time(s)
PDF: 378 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.