Echooling (English-Homeschooling): Upaya Meningkatkan Kemampuan Intuisi Siswa di Era Pandemi
Astri Habibah(1*), Sindiya Mutiara(2), Siti Nurjanah(3), Susiati Susiati(4)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, Fierdha Abdullah. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2): 38-47.
Amini, Aisiyah Dewi, dkk. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1-7.
Amsari, Dina dan Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.
Ariyani, Irma Eka, dkk. (2020). Implementasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di era New Normal. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 17-28.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi Research Jilid I & II. Yogyakarta: Andi Offset.
Hanurawan, Fattah. (2007). Karakteristik Psikologi Peserta didik dan Pengembagan Metode Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Nilai, 14 (2), 92-100.
Ihsan, Fuad.( 2005). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Ilsa, Aulya, Farida F., dan Mardiah Harun. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Power Director 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288:300.
Karom, Depi, dkk. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(1): 274-307.
KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (online), (http://kbbi.web.id/daring, diakses tanggal 9 September 2020.
Kongkoh. (2010). Teori Perkembangan Psikososial Erik Erikson (online), (http://kongkoh.blogspot.com/2010/01/teori-perkembangan-psikososial-erik.html, diakses tanggal 9 September 2020.
Lestari, Puji dan H.J. Prayitno. (2016). Strategi dan Skala Kesantunan Tindak Direktif Mahasiswa Riau di Lingkungan Masyarakat Berlatar Belakang Budaya Jawa. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 135-148.
Murti, Ridwan Ari dan Acep Juni Antoro. (2019). Meningkatkan Kosakata Peserta didik Menggunakan Lagu Hallo Song For Kids Kelas di 10A SMK Negeri 1 Pedan. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(2), 25-28.
Nurhidayat, dkk. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Peserta didik SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83-90.
Pratama, Rio Erwan dan Sri Mulyati. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2): 49-59.
Rahmat, A. (2017). Pengembangan Structure Exercise Methode (SEM) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains pada Peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al Islah Kota Gorontalo. Nizham Journal of Islamic Studies, 3(2), 116-128.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.
Sumardiono. (2007). Home-Schooling A Leap For Better Learning: Lompatan Cara Belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Syah, Muhammad Fahmi Johan, dkk. (2021). Penguatan Dinamika Interpersonal Keterlambatan Motorik Halus bagi Anak SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 45-53.
Zaitun dan Mutiarani. (2014). Meningkatkan Kecakapan Berbahasa Inggris melalui Presentasi Oral. Jurnal Teknodik, 18(3), 326-333.
Article Metrics
Abstract view(s): 147 time(s)PDF: 90 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.