Optimalisasi Media Online dan Cetak dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Model Homeschooling

Nabila Nur Ilmy Shohiby(1*), Hardika Dwi Hermawan(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Homeschooling merupakan metode belajar mengajar yang dilakukan di rumah. Di Indonesia, homeschooling sudah menjadi salah satu sistem pendidikan yang legal. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 129 tahun 2014 yang menyebutkan bahwa sekolah rumah atau homeschooling adalah proses layanan pendidikan secara sadar dan terencana yang dilakukan oleh orang tua atau keluarga di rumah atau tempat dengan suasana kondusif. Kegiatan homeschooling merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar anak di masa pandemic Covid-19 ini. Kegiatan tersebut menjadi salah satu cara yang digunakan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk melaksanakan kegiatan Program Calon Guru Penggerak Kuliah Kerja Nyata (PCGP KKN-Dik). Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mahasiswa dapat memberikan ilmu yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di bidang pendidikan, ekonomi dan sosial. Rencana kerja yang kami buat akan membantu guru dan orang tua dalam membimbing siswa dengan melakukan pembelajaran berkelanjutan khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris yang diadakan di rumah (homeschooling) dimasa pandemi Covid-19 ini. Strategi yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan yaitu, pendampingan metode pembelajaran siswa sebanyak 2 orang dengan memanfaatkan media online dan media cetak secara optimal, serta memberikan sosialisasi pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Full Text:

PDF

References

Adit, A. (2020). Berikut Lini Masa Sejarah Pendidikan di Indonesia. (online), (https://edukasi.kompas.com/read/2020/09/06/102022471/berikut-lini-masa-sejarah-pendidikan-di-indonesia?page=all, diakses 12 Juni 2020).

Amini, A.D., dkk. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletein Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1-7.

Andika, M. (2019). Mobile Learning sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kristi, Ellen. (2020). Apa Itu Homeschooling? (online), (https://phi.or.id/2020/05/25/apa-itu-homeschooling/, diakses 12 Juni 2020).

Bisa, Indonesia. (2017). Pengertian Media Pembelajaran dan Media Cetak. (online), (https://rumahbelajar21.blogspot.com/2017/03/pengertian-media-pembelajaran-dan-media.html, diakses 12 Juni 2020).

Duniapcoid. (2022). Media Pembelajaran Online. (online), (https://duniapendidikan.co.id/pembelajaran/, diakses 11 Juni 2022)

Hasanah, T. A. (2019). Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal, 2(2): 187-192.

Agustin, S. (2021). Homeschooling: Keuntungan dan Kerugiannya. (online), (https://www.alodokter.com/homeschooling-keuntungan-dan-kerugiannya, diakses 16 Mei 2021).

Kompas.com. (2011). 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Homeschooling. (online), (https://lifestyle.kompas.com/read/2011/08/09/09271846/~Edukasi~Panduan%20Studi, diakses 16 Mei 2021).

I.2017. “15 Pengertian Media Cetak Menurut Para Ahli” (online), https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-cetak-menurut-para-ahli, diakses 16 Mei 2021).

Indosianic. (2019). Permendikbud 129 Tahun 2014 Tentang Sekolah Rumah. (online), (https://homeschooling.mayantara.sch.id/permendikbud-129-tahun-2014-tentang-sekolah-rumah.edu, diakses 24 Agustus 2021).

Jannah, N. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Vocabulary Kelas V MIS Tanring Mata Kecamatan Galesong Selatan Takalar. Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alaudin Makassar.

Adica. (2018). Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan Menurut Para Ahli. (online), (https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/, diakses 2 Juli 2018).

Mukminatun, S. “Pemanfaatan Media Internet dalam Peningkatan Pembelajaran Listening” (online), (http://eprints.uny.ac.id/3481/1/Pemanfaatan_Media_Internet_dalam.pdf, diakses 24 Agustus 2021).

P. “Apa Itu Sebenarnya Pandemi COVID-19? Ketahui Juga Dampaknya di Indonesia” (online), (https://www.prudential.co.id/id/pulse/article/apa-itu-sebenarnya-pandemi-Covid-19-ketahui-juga-dampaknya-di-indonesia/, diakses 25 Agustus 2021).

Prawiro, M. (2018). Pengertian Media Online Secara Umum, Ciri-Ciri, Fungsi, Jenis, dan Contohnya” (online), (https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-media-online.html, diakses 7 Agustus 2019).

Rachmijati, C. (2018). Penggunaan Internet sebagai Optimalisasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris (Program Pengabdian pada Masyarakat di Desa Margaluyu Kecamatan Cipendey. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas), 1(2), 61-74.

Sistem Informasi Perbukuan-Pusat Perbukuan. (n.d.). E-Book. Retrieved August 27, 2021, from https://buku.kemdikbud.go.id/catalogue/detail/Bahasa-Inggris-Kelas-X

U. (2018, February 17). 20 Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli. media. http://catatanringans.blogspot.com/2018/02/20-pengertian-media-pembelajaran.html

Article Metrics

Abstract view(s): 323 time(s)
PDF: 230 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.