Model Pembelajaran Homeschooling di Era Pandemi Covid-19 sebagai Pendidikan Alternatif

Risma Almia(1*), Irfai Fathurohman(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Latar belakang yang diangkat dalam penelitian ini ialah pendidikan alternatif dengan model pembelajaran homeshooling di era pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana model homeschooling jika diterapkan sebagai pengganti kegiatan di sekolah menjadi pendidikan alternatif bagi peserta didik. Metode yang digunakan peneliti yaitu deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data (observasi, dokumentasi, dan studi pustaka), dengan subjek siswa dan objek pembelajaran homeschooling. Analisis data yang digunakan dengan metode tiga tahap (reduksi data, display, dan verifikasi data). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anak cenderung lebih menyukai model pembelajaran di rumah dibanding di sekolah karena dilakukan dengan dalam jaringan. Pembelajaran homeschooling di kalangan masyarakat memang masih tergolong awam belum cukup terkenal. Sehingga hal ini membuat peneliti untuk mengembangkan model ini yang diterapkan pada siswa kelas XII SMA karena terkena imbas dari pandemi yang mengharuskan belajar dari rumah. Sehingga didapatkan manfaat belajar sistem at home yaitu meningkatkan sikap mandiri, kecerdasan, kedisiplinan, dan kreatif terhadap anak didik dalam mengembangkan minat dan bakat tanpa rasa malu.

Full Text:

PDF

References

Afiat, Z. (2019). Homeschooling Pendidikan Aletrnatif Di Indonesia. Jurnal Visipena, 50-65.

Ali, F. A. 2020. Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 38-47.

Amini, A. D., Subekti, E., & Pertiwi, R. K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1-7.

Ariefianto, L. (2017). Homeschooling: Persepsi, Latar Belakang, dan Problematikanya (Studi Kasus Pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember). Edukasi, 21-26.

Ariyani, I. E., Hibatullah, N. L., & Sari, D. A. (2020). Implementasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. Buletin Perangkat Pembelajaran, 17-28.

Azizah, M. N., & Shopiyah, S. (2020). Peran Pembelajaran Homeschooling dalam Membentuk Kecerdasan Intrapersonal (Studi di Fikar School Rempoa, Tangerang Selatan). Jurnal Qiro'ah, 1-16.

Dedi, Mursidin, & Suriadi. (2021). Homeschooling di Masa Pademi: Sebuah Tinjauan dalam Pendidikan Islam. Jurnal Madaniyah, 163-180.

Dewadi, F. M. (2021). Sistem Homeschooling dalam Inovasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 51-81.

Hasmira, M. H.(2021). Komunikasi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi: Homeschooling Sebagai Alternatif Pilihan Orang Tua Setelah Sekolah Formal. Jurnal Ranah Komunikasi, 20-29.

Herawati, N. S. (2021). Peran Orang Tua sebagai Homeschooler dalam Proses Pembelajaran Anak di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal At Tadbir, 42-52.

Heryani, R. D. (2017). Homeschooling sebagai Sekolah Alternatif Ramah Anak. Research and Development Journal of Education, 145-152.

Hidayati, Taqwa, R., & Suhendi, D. (2018). Peran Orang Tua di Homeschooling Primagama Palembang. Jurnal Empirika, 153-166.

Ila, F., Ahmadi, A. K., & Dwi, S. R. (2020). Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif di Era Modern (Studi Kasus Homeschooling Mayantara Kota Malang). Jurnal Publicio, 1-12.

Indarwati, S., & Amriana. (2020). Implementasi Model Homeschooling dalam Upaya Membentuk Kemandirian Anak (Studi Fenomologi di Homeschooling Group Mutiara Umat Surabaya). Edusiana, 14-27.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 665-675.

Khairunnisa, A., & Kessi, M. T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Homeschooling dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak pada PKBM Al Jauhar. Jurnal Obor Penmas, 263-269.

Muslimat, A. (2016). Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Jurnal Studi Gender dan Anak, 93-101.

Nurfaidah, S. S. (2020). Memahami Homeschooling sebagai Alternatif Pendidikan bagi Anak (Kajian Teoritis dan Praktis). Primagraha, 59-65.

Purnamasari, I., Suyata, & Dwiningrum, S. I. (2017). Homeschooling dalam Masyarakat: Studi Etnografi Pendidikan. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 14-31.

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JIPI, 193-204.

Rantikasari.( 2021). Tren Baru Homeshcooling Islam di Indonesia Era Pandemi. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 15-26.

Sukerti, D. (2017). Model Pembelajaran Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif (Studi Kasus di Kabupaten Gorontalo). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 8-15.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Article Metrics

Abstract view(s): 515 time(s)
PDF: 340 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.