Model Pembelajaran Homeschooling di Era Pandemi Covid-19 sebagai Pendidikan Alternatif
Risma Almia(1*), Irfai Fathurohman(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afiat, Z. (2019). Homeschooling Pendidikan Aletrnatif Di Indonesia. Jurnal Visipena, 50-65.
Ali, F. A. 2020. Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 38-47.
Amini, A. D., Subekti, E., & Pertiwi, R. K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1-7.
Ariefianto, L. (2017). Homeschooling: Persepsi, Latar Belakang, dan Problematikanya (Studi Kasus Pada Peserta Didik di Homeschooling Kabupaten Jember). Edukasi, 21-26.
Ariyani, I. E., Hibatullah, N. L., & Sari, D. A. (2020). Implementasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. Buletin Perangkat Pembelajaran, 17-28.
Azizah, M. N., & Shopiyah, S. (2020). Peran Pembelajaran Homeschooling dalam Membentuk Kecerdasan Intrapersonal (Studi di Fikar School Rempoa, Tangerang Selatan). Jurnal Qiro'ah, 1-16.
Dedi, Mursidin, & Suriadi. (2021). Homeschooling di Masa Pademi: Sebuah Tinjauan dalam Pendidikan Islam. Jurnal Madaniyah, 163-180.
Dewadi, F. M. (2021). Sistem Homeschooling dalam Inovasi Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 51-81.
Hasmira, M. H.(2021). Komunikasi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi: Homeschooling Sebagai Alternatif Pilihan Orang Tua Setelah Sekolah Formal. Jurnal Ranah Komunikasi, 20-29.
Herawati, N. S. (2021). Peran Orang Tua sebagai Homeschooler dalam Proses Pembelajaran Anak di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal At Tadbir, 42-52.
Heryani, R. D. (2017). Homeschooling sebagai Sekolah Alternatif Ramah Anak. Research and Development Journal of Education, 145-152.
Hidayati, Taqwa, R., & Suhendi, D. (2018). Peran Orang Tua di Homeschooling Primagama Palembang. Jurnal Empirika, 153-166.
Ila, F., Ahmadi, A. K., & Dwi, S. R. (2020). Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif di Era Modern (Studi Kasus Homeschooling Mayantara Kota Malang). Jurnal Publicio, 1-12.
Indarwati, S., & Amriana. (2020). Implementasi Model Homeschooling dalam Upaya Membentuk Kemandirian Anak (Studi Fenomologi di Homeschooling Group Mutiara Umat Surabaya). Edusiana, 14-27.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi, 665-675.
Khairunnisa, A., & Kessi, M. T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Homeschooling dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak pada PKBM Al Jauhar. Jurnal Obor Penmas, 263-269.
Muslimat, A. (2016). Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Jurnal Studi Gender dan Anak, 93-101.
Nurfaidah, S. S. (2020). Memahami Homeschooling sebagai Alternatif Pendidikan bagi Anak (Kajian Teoritis dan Praktis). Primagraha, 59-65.
Purnamasari, I., Suyata, & Dwiningrum, S. I. (2017). Homeschooling dalam Masyarakat: Studi Etnografi Pendidikan. Jurnal Pembangunan Pendidikan, 14-31.
Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM di Era Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JIPI, 193-204.
Rantikasari.( 2021). Tren Baru Homeshcooling Islam di Indonesia Era Pandemi. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 15-26.
Sukerti, D. (2017). Model Pembelajaran Homeschooling sebagai Pendidikan Alternatif (Studi Kasus di Kabupaten Gorontalo). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 8-15.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.
Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.
Article Metrics
Abstract view(s): 653 time(s)PDF: 489 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.