Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa

Lutfi Anjarwati(1*), Dini Restiyanti Pratiwi(2), Dedy Richi Rizaldy(3)

(1) Universitas Muhammadiyah surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi Covid-19 ini telah mengakibatkan terutama semua sekolah mengharuskan melakukan pembelajaran dengan jarak jauh atau online. Untuk tetap tercapainya pembelajaran terutama dalam bidang literasi guru-guru menggunakan kreativitasnya dengan menggunakan literasi digital dengan kecanggihan teknologi saat ini yang dapat membuat penguatan pendidikan karakter siswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tentang tingkat keberhasilan implementasi literasi digital dalam upaya menguatkan pendidikan karakter siswa. Dengan metode deskriptif kualitatif serta untuk subjek penelitian ialah siswa-siswi SD Muhammadiyah 1 Padas, objek penelitan adalah implementasi literasi digita yang ditinjau dalam penguatan pendidikan karakter siswa. Analisis data yang digunakan observasi dan wawancara. Kesimpulan penelitian yakni di SD Muhammadiyah 1 Padas yang awalnya literasi sudah berjalan dengan sebutan “Pojok Baca” karena kondisi saat pandemic guru-guru mengembangkan kreativitasnya dengan dilakukan literasi digital yang mereka sebuh “Salam Sapa” yang dilakukan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Dengan berisi video, gambar yang berupa pamlet atau poster yang di bagikan dalam WhatsApp, Instagram, dan Google Classroom. Dalam adanya literasi ini terdapat penguatan pendidikan karakter dalam kemandirian, komitmen, kejujuran, dan juga tanggung jawab dalam siswa melakukan berbagai hal terkhususnya dalam melakuakn literasi digital.

Full Text:

PDF

References

Aiman Faiz, I. K. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164.

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Andarini, F. A., & Salim, H. (2021). Implementasi Literasi Digital pada Pembelajaran Sekolah Dasar Saat Pandemi. Didaktika, 1(1), 181–189.

Ariyanti, A., & ARIYANTI, A. (2019, September). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas terhadap Eksistensi Daya Baca Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.302

Dewi, P. Y. A. (2019). Gerakan Membaca di Awal Pelajaran Guna Membangun Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 77–85. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/PN/ article/view/249

Arrajiv, Dhimas Arsyad., Miftahul Arifah B. B, Tyas Wahyuningsih, K. & Laili. Etika. R. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Implementasi Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo. Bulletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14278

Fadholi, T., & Waluya, B. (2015). Analisis Pembelajaran Matematika dan Kemampuan Literasi Serta Karakter Siswa SMK. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 302–308.

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6–11. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.

Jariah, S., & Marjani, M. (2019, March). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/vi ew/2643

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Karakter Mandiri Siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57–63. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Ninla Elmawati Falabiba. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Eksponen, 11(1), 21–217.

Oktavia, R., & Hardinata, A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi PADA Siswa Mengengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Bionatural, 7(2), 26–34.

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200–1214. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Suryanti, E., & Ikawati, A. (2020). Peningkatan Pembelajaran berbasis Karakter melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Likhitaprajna, 22(April), 22–29.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019, March). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan, 04(01), 63–66.

Huda, M., & Purnomo, E. (2020). The Basic Values of Humanity in an Indonesian Language Textbook used in Junior High Schools. KnE Social Sciences, 2020, 124–134. https://doi.org/10.18502/kss.v4i14.7864

Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Article Metrics

Abstract view(s): 2320 time(s)
PDF: 2089 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.