Strategi Pembelajaran Daring berbasis Classroom Application di Sekolah Menengah Pertama

Nova Anita Ramadani(1*), Tesa Ari Murti Suwardi(2), Miftakhul Huda(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pendidikan adalah lingkungan utama dalam memberikan kesempatan dan dukungan tersendiri bagi terlaksananya suatu perkembangan dan potensi-potensi yang ada dalam setiap peserta didik. Adapun undang-undang yang mengatur mengenai sistem pendidikan nasional di Indonesia adalah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan (Sisdiknas). Era pandemi menyebabkan tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan, sebagai bentuk pencegahannya dilakukan kegiatan pembelajaran daring. Pembelajaran daring melalui aplikasi Google meet dan Google Classroom merupakan salah satu fitur Google yang bisa kita manfaat untuk pembelajaran daring saat social distancing. Strategi pembelajaran daring dilakukan sesuai dengan jadwal kegiatan pembelajaran PPKn di kelas VII. PMP di sekolahan tidak hanya terpaku pada waktu, suasana kelas, dan gedung, melainkan pelaksanaanya bisa kapan saja dan di mana saja karena menggunakan Google meet dan Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran daring kombinasi Google Meet dan Google Classroom di SMP Negeri 2 Slogohimo sebagai salah satu alternatif pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan program PMP di SMP Negeri 2 Slogohimo dengan Google Classroom membantu peserta didik memahami materi dan  mempermudah menyampaikan tugas sedangkan Google Meet membantu pendidik dan peserta didik berinteraksi dalam pembelajaran pembelajaran daring saat ini

Full Text:

PDF

References

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Chouirudin, F. M., & Rahmasari, S. N. (2021). Tingkat Cakap Tanggap Peserta Didik dalam Perangkat Google Classroom Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 62–69.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Ghozali, A. L., Sumardjoko, B., Fathoni, A., & Rahmawati, L. E. (2021). Program Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Selama Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 216. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a8.2021

Huda, M. (2019). Managerial Communication System for the Operation of Learning Acceleration Programs. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 168–181. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.521

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.

Lathifah, Z. K., & Utami, I. I. S. (2021). Bimbingan Teknis Aplikasi Portal Rumah Belajar pada Praktik Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Warta LPM, 24(2), 367–379. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.13529

Marharjono, M. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56–63. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155

Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 836–846.

Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Dewi, D. K., & Agustina, L. (2020). Apersepsi berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8–17.

Prihatini, A., & Sugiarti, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Engaged Learning dalam Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran. Warta LPM, 24(3), 507–520. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.13407

Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441

Siswa, K., Smp, D. I., & Sambi, M. (2020). Efektivitas Google Classroom Dalam Pengelolaan Pembelajaran Masa Pandemi Di SMA Negeri 1 Wonosari. 3, 120–125. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.13893

Sulistio, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam penerapan Pembelajaran Sinkron dan Asinkron melalui Google Classroom, Google Meet dan Aplikasi E-Learning. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 63-69.

Article Metrics

Abstract view(s): 137 time(s)
PDF: 92 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.