Implementasi Home Visit untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD di Masa Pandemi

Vita Aprilia Pratiwi(1*), Adi Nurcahyo(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah seluruh tatanan pada berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah pada bidang pendidikan. Pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Padas selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring. Tidak sedikit siswa yang mengalami kejenuhan karena hal tersebut. Salah satu alernatif yang dapat dilakukan adalah menggunakan metode pembelajaran home visit. Home visit dilakukan dengan mengunjungi rumah siswa dengan membagi menjadi beberapa kelompok kecil dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tujuan dilaksanakannya home visit adalah untuk mengurangi kejenuhan siswa selama belajar daring sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Metode dari penelitian ini adalah kualitatif etnografi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode home visit mampu menciptakan pembelajaran yang interaktif. Dengan begitu, siswa tidak merasa jenuh serta dapat meningkatkan minat belajar siswa di tengah pandemi seperti ini. Keberhasilan home visit juga tergantung pada keaktifan pada masing-masing siswa. Terlepas dari hal tersebut, diperlukan juga peran orang tua sebagai kelanjutan dari pembelajaran home visit. Karena bagaimanapun, pembelajaran daring tetap dilaksanakan dari rumah. Sehingga peran guru untuk mendampingi belajar siswa harus diambil alih oleh orang tua.

Full Text:

PDF

References

Abdul Latip. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 (Transformation of Learning Media During Covid-19 pandemic). Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Fadillah Ulva, M. Y. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 1(3), 149-156.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Husnuzzakiya, A., Jalil, A., & Sudrajat, A. (2021). Implementasi Metode Home Visit pada Pembelajaran PAI di MTs Negeri 5 Malang Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(8), 4–10.

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.

Maharani, D. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring bagi Guru Kelas Rendah pada Pandemi Covid-19 di SD Negeri 12 Purwodadi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIP.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same? Internet and Higher Education.

Muhibin, S. (2015). Psikologi Pendidikan. Remaja Rsodakarya.

Mulyadi. (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah & Madrasah. Prenada Media Group.

Nasucha, Y., Huda, M., Santoso, T., & Ihsanudin, M. (2015). Pembelajran Inovatif Bahasa Indonesia : Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf Tanya Jawab Antar Siswa. Warta UMS, 18(2), 145–152.

Pambudi, R., Prabowo, A., & Purnamasari, I. (2021). Home Visit sebagai Metode Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinektik, 4(1), 63–70.

Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., & ... (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/3

Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470–2477.

Septantiningtyas. (2019). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class terhadap Hasil Belajar. 2(2), 1–5.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Mix Method, R&D. CV. Jasmine.

Article Metrics

Abstract view(s): 253 time(s)
PDF: 138 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.