Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi malalui Model Discovery Learning pada Siswa SMP
Karina Puspita Raissa(1*), Elya Anida Armanusya(2), Laili Etika Rahmawati(3), Zainal Arifin(4), Abdul Wahid(5)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakara
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aprima, R., Abdurahman, A., & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 215-221. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/ article/view/9564/7065
Ahmad, S., Suhartono, S., & Susetyo, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII. 1 MTS Negeri 2 Kaur. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 44-58. https://www.ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/ar ticle/view/936
Dewi, U. K., Silva, P. S., & Wikanengsih, W. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 1021-1028. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/inde. php/parole/article/view/1733
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppip s/article/view/2500/1511
Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1),47-57. https://ejournal.upi.edu/index.php/peda didaktika/article/view/12689/8852
Himawan, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat di SMP. Prosiding samasta. 1-6 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SA MASTA/article/view/7227
Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130
Kumala, A., Hosna, R., & Rohman, F. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Salafiyah Safiiyah Tebuireng Jombang. Al Ta'dib: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 107-127. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ al-tadib/article/view/864
Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 073-082. http://www.ejournal.unmus.ac.id/index .php/primary/article/view/1465
Novayani, S., Nufida, B. A., & Mashami, R. A. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 253- 258. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php /hydrogen/article/view/669
Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ article/view/10062
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.ph p/JJPGSD/article/view/3087
Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/a rticle/view/613
Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2). https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/ pesona/article/view/444
Rismayani, N. L. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJPP/article/view/405
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1). https://www.academia.edu/download/5 3869167/discovery_2012.pdf
Sari, F. R., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 139124. https://core.ac.uk/reader/294900940
Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina, K. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 32-40. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpp b/article/view/7816
Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Model Discovery Learning pada Materi Fungsi Invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285-296. https://journal.institutpendidikan.ac.id/i ndex.php/mosharafa/article/view/mv8n 2_10
Sohilait, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 35-41. https://journal.stkippamanetalino.ac.id/ index.php/matematika/article/view/108
Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 101- 110. http://repository.upi.edu/id/eprint/5141
Widyastuti, E. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 33-40). https://www.academia.edu/download/5 5430721/04_Ellyza_Sri__Widyastuti.pdf
Werdiningsih, C. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas VII SMP Bekasi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). http://www.proceeding.unindra.ac.id/in dex.php/DPNPMunindra/article/view/6 06
Winarti, W., & Suyadi, S. (2020). Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 153-162. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/in dex.php/qalamuna/article/view/503
Zikra, F. A., Asri, Y., & Tamsin, A. C. (2018). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 55-61. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/ article/view/100711/100210
Article Metrics
Abstract view(s): 1863 time(s)PDF: 1473 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.