Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi malalui Model Discovery Learning pada Siswa SMP

Karina Puspita Raissa(1*), Elya Anida Armanusya(2), Laili Etika Rahmawati(3), Zainal Arifin(4), Abdul Wahid(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakara
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract

Model pembelajaran discovery learning menekankan pada penemuan konsep yang menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran yang mana siswa tidak disajikan materi pembelajaran secara penuh, melainkan siswa dituntut untuk mengorganisasikannya sendiri. Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis teks deskripsi model pembelajaran discovery learning ini dirasa efektif untuk mengembangkan pengetahuan serta keterampilan menulis teks deskirpsi karena siswa dapat menghubungkan antara pengetahuan, pengalaman, serta ide dalam menulis teks deskirpsi. Selain itu dengan digunakannya model discovery learning siswa mampu berfikir secara realistis dengan menghubungkan antara pengetahuan ataupun pemahaman serta wawasan yang diketahui sebelumnya dengan ilmu baru yang diketahui. Maka yang akan dibahas didalam penelitian ini yaitu bagaimana pemanfaatan discovery learning sebagai model suatu pembelajaran menuliskan deskripsi teks pada murid SMP Muhammadiyah 4 Sambi, serta bagaimanakah implementasi pembelajaran Discovery Learning sebagai model yang mampu menaikkan keterampilan serta kesanggupan murid kelas 7 di SMP Muhammadiyah 4 Sambi dalam menulis teks deskripsi dengan baik. Adapun penelitian ini bertujuan yaitu mendeskripsikan implementasi bagaimana model discovery learning pada pelajaran menulis teks deskripsi pada murid kelas 7 SMP Muhammadiyah 4 Sambi serta mendeskipsikan bagaimanakah implementasi model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan keterampilan menuliskan deskripsi teks siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa siswa kelas VII mampu berfikir secara kritis dan aktif yang mana dapat meningkatkan keterampilannya dalam menulis teks deskripsi.

Full Text:

PDF

References

Aprima, R., Abdurahman, A., & Arief, E. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 215-221. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/ article/view/9564/7065

Ahmad, S., Suhartono, S., & Susetyo, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII. 1 MTS Negeri 2 Kaur. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 44-58. https://www.ojs.stkippgrilubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/ar ticle/view/936

Dewi, U. K., Silva, P. S., & Wikanengsih, W. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1(6), 1021-1028. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/inde. php/parole/article/view/1733

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.

Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93. http://journal2.um.ac.id/index.php/jtppip s/article/view/2500/1511

Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1),47-57. https://ejournal.upi.edu/index.php/peda didaktika/article/view/12689/8852

Himawan, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Teks Puisi Rakyat di SMP. Prosiding samasta. 1-6 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SA MASTA/article/view/7227

Huda, M. (2018). Blended Learning : Improvisasi dalam Pembelajaran Menulis Pengalaman. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, Dan Budaya, 8(2), 117–130. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/lensa.8.2.2018.117-130

Kumala, A., Hosna, R., & Rohman, F. (2020). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Salafiyah Safiiyah Tebuireng Jombang. Al Ta'dib: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 107-127. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/ al-tadib/article/view/864

Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 073-082. http://www.ejournal.unmus.ac.id/index .php/primary/article/view/1465

Novayani, S., Nufida, B. A., & Mashami, R. A. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Pencemaran Lingkungan. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 253- 258. https://ejournal.undikma.ac.id/index.php /hydrogen/article/view/669

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1308-1314. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ article/view/10062

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.ph p/JJPGSD/article/view/3087

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui Discovery Learning berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/a rticle/view/613

Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2). https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/ pesona/article/view/444

Rismayani, N. L. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJPP/article/view/405

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1). https://www.academia.edu/download/5 3869167/discovery_2012.pdf

Sari, F. R., Fadiawati, N., & Tania, L. (2015). Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 139124. https://core.ac.uk/reader/294900940

Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suhada, R., Idrus, I., & Kasrina, K. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 32-40. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpp b/article/view/7816

Sapilin, S., Adisantoso, P., & Taufik, M. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Model Discovery Learning pada Materi Fungsi Invers. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 285-296. https://journal.institutpendidikan.ac.id/i ndex.php/mosharafa/article/view/mv8n 2_10

Sohilait, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 35-41. https://journal.stkippamanetalino.ac.id/ index.php/matematika/article/view/108

Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 101- 110. http://repository.upi.edu/id/eprint/5141

Widyastuti, E. S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Konsep Ilmu Ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 9, pp. 33-40). https://www.academia.edu/download/5 5430721/04_Ellyza_Sri__Widyastuti.pdf

Werdiningsih, C. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas VII SMP Bekasi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). http://www.proceeding.unindra.ac.id/in dex.php/DPNPMunindra/article/view/6 06

Winarti, W., & Suyadi, S. (2020). Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2), 153-162. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/in dex.php/qalamuna/article/view/503

Zikra, F. A., Asri, Y., & Tamsin, A. C. (2018). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 55-61. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/ article/view/100711/100210

Article Metrics

Abstract view(s): 1863 time(s)
PDF: 1473 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.