Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar

Ilham Basir Nur Muhammad(1*), Yulia Maftuhah Hidayati(2), Trisna Andarwulan(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Brawijaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi budaya Game Catung di SDN 1 Muruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi inovasi literasi numerasi untuk membantu kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan melalui pembiasaan membaca, menulis, serta berhitung secara teratur dengan berbagai metode pembelajaran di SDN 1 Muruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun untuk objek penelitian ini adalah yang berkaitan dengan implementasi inovasi budaya literasi numerasi “Game Catung”. Hasil penelitian di SDN 1 Muruh diperoleh bahwa guru dalam pelaksanaan program Catung menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, media dan sintaks pembelajaran yang digunakan sangat beragam. Implementasi literasi menggunakan buku bergambar, buku cerita, huruf angka bergambar, dan media tablet yang berisi game edukasi.

Full Text:

PDF

References

Adam, S., Msi, M., & Taufik Syastra, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal (Vol. 3, Issue 2).

Aeni, N., Yuhandini, S., & dkk (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Metode Demonstrasi terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care (Vol. 6, Issue 2).

Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Teknologi Pembelajaran, 4(2).

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Nurcahyo, A., Ishartono, N., Faiziyah, N., Utami, N. S., Sari, C. K., & Aryuana, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Terintegrasi Google Class- Room Bagi Guru-Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah Kabupaten Klaten. Proceeding of The URECOL, 50–57.

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302

Rahmawati1, E., Dani, G., & Rahayu, S. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Media Gambar dalam Meningkatkan Kecerdasan Ekologis Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04.

Rosalinda, R., & Rahmawati, F. P. (2022). Implementasi Inovasi Budaya Literasi Numerasi MACATUNG di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6248–6256. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3215

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489–2495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1209

Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas VIII MTSN 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(1).

Anggraini, A. F., & Soesatyo, H. Y. (2015). Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-4 pada Materi Masalah-Masalah yang Dihadapi Bandarkedungmulyo Jombang. Skripsi Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang, Surabaya.

Ariyani, I. E., Lailatul Hibatullah T, N., & Dwi, A. S. (2020). Implemantasi Online Learning Model (OLM) sebagai Peningkatan Mutu Pembelajaran di Era New Normal. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 17–28.

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Sabardila, A., Fachri, A. R., Santoso, E., Aini, N. N., Safitri, M., Putri, D. M., Damayanti, N. A., Hermawati, L., Pratiwi, A. N., & Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10765

Sutama, Narimo, S., Anif, S., Prayitno, H. J., Sari, D. P., & Adnan, M. (2020). The development of student worksheets: Questions of PISA model to analyze the ability of mathematical literacy in junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1), 0–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012065

Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa dalam Konten Perubahan dan Hubungan pada Siswa SMP. Varia Pendidikan, 31(1), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8898/4794

Article Metrics

Abstract view(s): 133 time(s)
PDF: 113 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.