Penggunaan Microsoft Teams untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Menengah Kejuruan pada Masa Pandemi

Ilyas Munandar(1*), Andyca Purwoko(2), Hardika Dwi Hermawan(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi Covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran online merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan selama ini pandemi karena hal ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran atau implementasi secara online pembelajaran di SMK Negeri 5 Surakarta X TM C & X DPIB A, tempat penyampaian pembelajaran menggunakan tim Microsoft. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada beberapa guru di SMK Negeri 5 Surakarta, yang tertuang dalam beberapa pertanyaan tentang penggunaan tim Microsoft menggunakan metode kualitatif, dengan metode pendekatan, dan kemudian menganalisis dan menginterpretasikan data yang dipilih. , selanjutnya menentukan kesimpulan, kemudian menulis hasil penelitian. Untuk hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Pengajaran online dan kegiatan pembelajaran 2) Menggunakan Tim Microsoft Office; 3) Kendala yang Dialami oleh guru dan Siswa. 4) Strategi Pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran daring; 5) Media pembelajaran yang digunakan guru; dan 6) faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja siswa.

Full Text:

PDF

References

Chung, M. K. (2000). The Development of Self-Regulated Learning. The Institute of Asia Pasific Education Development, 1(1), 55–66.

Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145–155.

Glynn, S. M., Aultman, L. P., & Owens, A. M. (2005). Motivation to Learn in General Education Programs. Journal of General Education, 54(2), 150–170.

Montalvo, F. T., & Torres, M. C. G. (2004). Self-Regulated Learning: Current and Future Directions. Electronic Journal of Receach in Educational Psychology, 2(1), 1–34.

Yulanda, N. (2017). Pentingnya Self Regulated Learning bagi Siswa dalam Penggunaan Gadget. Research and Development Journal of Education, 3(2), 164–171.

WHO, Kesan dan Kegiatan Utama Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Sekolah (Maret 2020) https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.who.int/d ocs/default-source/searo/indonesia/covid19/pesan-dan kegiatan-utamapencegahan-dan-pengendalian-covid-19-di-sekolah---indonesian-march2020.pdf%3Fsfvrsn%3D5cdfea17_2&ved=2ahUKEwjqs5qVzP_uAhVs4nMBHaoQD28 QFjACegQIBxAD&usg=AOvVaw0QVFuNe5LvNjnAqBfy3-Ge&cshid=1614070116346

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1), 21–29. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Prasetiyo, W. H., Wijaya, G. P. A., Rachman, R. F., Amini, M. Z., Wijaya, E. J., Ati, D. L., & Prabowo, A. (2021). Peningkatan Kesadaran Protokol Kesehatan Covid-19 pada Masyarakat Desa Baleharjo, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 91–99. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.12979

Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.

Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri, S. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1217

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Article Metrics

Abstract view(s): 77 time(s)
PDF: 43 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.