Pemanfaatan Media Pembelajaran Bigbook untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Eriza Putri Ayu Ning Tias(1*), Koesoemo Ratih(2), Santhyami Santhyami(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

SDN Tanggan 1 Gesi Sragen merupakan sekolah yang termasuk dalam kategori perlu meningkatkan literasi dan numerasi. Kemampuan siswa yang masih kurang dari target yang diharapkan oleh pemerintah khususnya di kelas 1. Ada 3 siswa yang masih belum bisa membaca, sehingga diharapkan dengan adanya media pembelajaran big book ini dapat membantu mereka yang belum bisa membaca dan menumbuhkan minat membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan literasi dan minat baca siswa kelas 1 SDN Tanggan 1 Gesi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas satu SD yang masih belum bisa membaca. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Dasar di Kota Sragen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dalam belajar membaca menggunakan media pembelajaran big book. Pemahaman mereka untuk menjawab pada LKS juga meningkat dibandingkan tidak menggunakan media pembelajaran bigbook.

Full Text:

PDF

References

Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-zsadilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671

Kurniawan, K. R. A., Latif, N., Suparno, R. R., Oktaviani, A., Zharifa, A. F., & Aryanti, S. Z. (2019). Revitalisasi Rumah Pintar Laskar Pelangi di Gantung melalui Budaya Literasi Humanitas. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9282

Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., Arifah, N. Z. M., Khusna, M. Al, Novianto, D., Nugroho, F. C., & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10796

Megawanti, P. (2012). Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3), 227–234.

Nabilah, A., Damaianti, V. S., & Agustin, M. (2020). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Persepsi Visual dan Kesadaran Linguistik Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 90–99.

Pamela, I. S., Hayati, S., & Insani, R. S. (2019). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 245–263. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8456

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Rachmah, S., & Huda, M. (2021). Realisasi Pembelajaran dalam Jaringan pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 338–345.

Rachman, M. A., Rachman, Y. B., & Rachmawati, Y. M. (2017). Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Depok: Studi Kasus di SDN Anyelir 1 Depok Jaya | Rachman | Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan. 19(2), 63–68.

Rahmat, P. S. (2016). Peran pendidikan dalam membentuk generasi berkarakter pancasila. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 1–15.

Rahmawati, L. E., Purnomo, E., Hadi, D. A., Wulandari, M. D., & Purnanto, A. W. (2022). Studi Eksplorasi Bentuk-Bentuk Gejala Disleksia pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4003–4013. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2495

Sujarwo. (2000). Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan. Jurnal Ilmiah WUNY, 15(1), 662.

Wahyudi, A. B., Fitriani, D., Purba, B., & Purnomo, E. (2021). Proses Transformasi Kalimat dalam Buku Bacaan Anak Kelas Tinggi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(1), 192–205. https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6249

Article Metrics

Abstract view(s): 273 time(s)
PDF: 202 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.