EFISIENSI BIROKRASI LAYANAN KONSUMEN: IMPLEMENTASI PROGRAM ONLINE SERVICE

Iin Wijayanti(1), Ajeng Pipit Fitriani(2), Diana Pramudya Wardhani(3*)

(1) Universitas muhammadiyah Ponorogo
(2) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju, menjadi kesempatan bagi pemerintah, khususnya pemerintah daerah yaitu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo untuk juga menerapkan ke dalam program pelayanan masyarakat. Pelayanan yang didukung dengan kemajuan teknologi diharapkan dapat mempermudah kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ponorogo sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat semakin cepat dan tepat. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pemerintah yang selama ini dinilai sangat panjang karena terikat aturan birokrasi yang bertingkat.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program online service telah dilaksanakan dan dapat memangkas birokrasi. Pengurusan perizinan tidak perlu datang ke kantor, tetapi dengan menggunakan aplikasi yang dapat dilaksanakan dimanapun pemohon berada. Hal yang menjadi perhatian adalah banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana cara menggunakan aplikasi online dan akses jaringan internet belum sepenuhnya mendukung sehingga masih banyak masyarakat yang mengurus perizinan melalui kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu KabupatenPonorogo.

Keywords

Online Service, Birokrasi Pemerintah, Layanan Publik

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bilyastuti, M.P. 2019. Pelayanan Publik Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Publik Satu.

Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ponorogo dengan Sijitu (Sistem Informasi Perijinan Terpadu). Jurnal Reformasi, Edisi 9.

Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.

Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Istijanto. 2005. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia.

Luthans, Freed. 2006. Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta: PT. Andi.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Gronroos, Christian. 1990. Service Management and Marketing: A Moment of Truth. Singapura: Maxwell Macmillan International.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mudrajad, Kuncoro. 2011. Metode Kuantitatif; Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi keempat. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Sinambela, 2011 .Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Siregar, Ashadi. 2013. Menyikapi Media Penyiaran: Membaca Televisi Melihat Radio, Yogyakarta: LP3Y.

Soeratno dan Lincolin, A. 2008. Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi. Jakarta: UPP, AMP UKPN.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Article Metrics

Abstract view(s): 464 time(s)
PDF: 533 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.