ANALISA PENGARUH MASA NEW NORMAL PADA PENJUALAN ONLINE MELALUI E-COMMERCE SHOPEE

Lina Ayu Safitri(1*), Chriswardana Bayu Dewa(2)

(1) Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Yogyakarta, Jl. Ringroad Barat Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta
(2) Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Yogyakarta, Jl. Ringroad Barat Ambarketawang Gamping Sleman Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masa new normal pada penjualan online melalui e – commerce shopee. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan data primer melalui metode kuesioner.Pengukuran setiap variabel dalam kuesioner menggunakan skala likert dengan skala 1 sampai dengan 5. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode non-probability sampling yang terdiri dari 100 responden pemilik online shop di e-commerce shopee. Variabel yang digunakan dalam penelitian terdiri dari satu variabel bebas (X) berupa masa new normal dan satu variabel terikat (Y) berupa penjualan online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masa new normal meningkatkan penjualan online di e-commerce shopee. Hal ini mengindikasikan bahwa masa new normal meningkatkan roda perekonomian yang dapat dirasakan oleh para pemiliki toko online.

Full Text:

PDF

References

Arief, Muhtosim. (2007). “Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan”, Bayumedia Publishing, Malang.

https://www.diskes.baliprov.go.id/adaptasi-kebiasaan-baru-di-masa-pandemi-covid-19

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/061500965/who-gunakan-istilah-physical-distancing-ini-bedanya-dengan-social?page=all.

https://www.kompasiana.com/www.bhinneka.com

Kotler. Philip dan Gary Armstrong. (2012). “Prinsip – Prinsip Pemasaran”, Edisi 13 Jilid 1. PT. Erlangga : Jakarta.

Sujarweni, Wiratna. (2015). “SPSS Untuk Penelitian”. Pustaka Baru Press : Yogyakarta.

Sutedja. Wira. (2007). “Panduan Layanan Konsumen”, PT. Grasindo : Jakarta.

Tjiptono. Fandy. (1997). “Strategi Pemasaran”, Penerbit Andi : Yogyakarta.

Wiku Adisasmita. (2020). Talkshow 'Update Tim Pakar: Penanganan COVID-19 - Respon dan Transformasi', yang tayang di Youtube BNPB Indonesia, Selasa (12/5/2020).

Wong, Jony, (2010), “Internet Marketing for Beginners”, Elex Media Komputindo : Jakarta

Article Metrics

Abstract view(s): 5222 time(s)
PDF: 9670 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.