KEPUASAN KERJA: APAKAH JENJANG JABATAN AKADEMIK MEMBUAT PERBEDAAN?

Ariesya Aprillia(1*), Rony Setiawan(2), Nonie Magdalena(3)

(1) Universitas Kristen Maranatha
(2) Universitas Kristen Maranatha
(3) Universitas Kristen Maranatha
(*) Corresponding Author

Abstract

Kepuasan kerja dosen dipengaruhi oleh banyak hal dan hal ini dapat meningkatkan atau menurunkan kepuasan kerja mereka. Jenjang Jabatan Akademik merupakan salah satu prediktor untuk mengukur kepuasan kerja dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah ada perbedaan kepuasan kerja berdasarkan Jenjang Jabatan Akademik. Sampel dalam penelitian ini adalah dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung, pengambilan sampel memakai probability sampling dengan simple random sampling. Metode studi literatur, survei dengan kuesioner, wawancara, dan juga focus group discussion (FGD) sebagai metode pengumpulan data. Uji instrumen memakai uji validitas dan reliabilitas, serta analisis data memakai ANOVA. Simpulannya, ada perbedaan kepuasan kerja berdasarkan Jenjang Jabatan Akademik, semakin tinggi Jenjang Jabatan Akademik, semakin tinggi pula kepuasan kerjanya. Berdasarkan mean, kepuasan kerja Lektor Kepala sebesar 4.568, Lektor 4.038, Asisten Ahli 3.505, dan yang belum memiliki Jenjang Jabatan Akademik 2.673. Facet kepuasan kerja yang tertinggi dari Lektor Kepala yaitu mereka memiliki kesempatan untuk bekerja sendiri di tempat kerja, puas terhadap gaji apabila dibandingkan dengan jumlah pekerjaan yang mereka lakukan, dan kebebasan untuk menggunakan penilaian mereka sendiri. Secara keseluruhan, facet yang paling kecil nilai kepuasan kerjanya adalah kesempatan untuk menjadi “seseorang” di komunitas, maka saran bagi manajemen perguruan tinggi adalah melibatkan dosen dalam pengambilan keputusan, terutama aspek yang memiliki pengaruh langsung pada kinerja dan tingkat kepuasan mereka. Apabila manajemen perguruan tinggi melakukan hal ini, kemungkinan para dosen akan merasa bahwa eksistensi mereka dihargai. Hal ini dapat membuka jalan ke hubungan yang lebih berbasis kepercayaan antara manajemen perguruan tinggi dan para dosen. Bagaimanapun juga, kepuasan kerja para dosen akan menguntungkan semua pihak yang terlibat.

Keywords

jenjang jabatan akademik; kepuasan kerja; perguruan tinggi

Full Text:

PDF

References

Agah, N.N., Kaniuka, T., & Chitiga, M. (2020). Examining motivation theory in higher education among tenured and non-tenured faculty: Scholarly activity and academic rank. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 12(2), 77-100. doi: 10.5897/IJEAPS2020.0644

Akpofure, R.R., Ikhifa, Grace, O., Imide, Israel, O., & Okokoyo, I.E. (2006). Job satisfaction among educators in College of Education in Southern Nigeria. Journal of Applied Sciences, 6, 1094-1098. doi: 10.3923/jas.2006.1094.1098

Aprillia, A., Setiawan, R., & Munthe, R.G. (2017). Testing of management commitment as antecendents of prosocial service behavior with job satisfaction as mediating variable. International Journal of Applied Business and Economic Research, 15(19), 511-519.

Aprillia, A. & Magdalena, N. (2018). Pengukuran kualitas layanan dalam bidang pendidikan tinggi. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 11-21.

Awang, Z., Ahmad, J.H., & Zin, N.M. (2010). Modelling job satisfaction and work commitment among lecturers: A case of UiTM Kelantan. Proceedings of the Regional Conference on Statistical Sciences 2010 (RCSS’10). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/266294260

Aziz, S., Mahmood, M., & & Bano, S. (2018). Total quality management: A framework for higher education institution. Journal of Research in Social Sciences, 6(1), 124-141. Retrieved from https://go.galegroup.com/ps/i.do?p=AONE&sw=w&u=googlescholar&v=2.1&it=r&id=GALE%7CA18163715&sid=classroomWidget&asid=30c43e94

Chen, S.H., Yang, C.C., Shiau, J.Y., & Wang, H.H. (2006). The development of an employee satisfaction model for higher education. The TQM Magazine, 18(5), 484-500. doi: 10.1108/0954478061068546

Eckhaus, E. & Davidovitch, N. (2021). Academic rank and position effect on academic research output-A case study of Ariel University. International Journal of Higher Education, 10(1), 295-307. doi: 10.5430/ijhe.v10n1p295

Eyupoglu, S.Z. & Saner, T. (2009a). The relationship between job satisfaction and academic rank: A study of academicians in Northern Cyprus. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1, 686-691. doi:10.1016/j.sbspro.2009.01.120

Hendroyogi, S.R. & Harsono, M. (2016). Keterkaitan antara persepsi pentingnya akreditasi rumah sakit dengan partisipasi, komitmen, kepuasan kerja, dan kinerja karyawan. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2), 122-137.

Houston, D., Meyer, L.H., & Paewai, S. (2006). Academic staff workloads and job satisfaction: Expectations and values in academe. Journal of Higher Education Policy and Management, 28(1), 17-30. doi: 10.1080/13600800500283734

Khalid, S., Irshad, M.Z., & Mahmood, B. (2012). Job satisfaction among academic staff: A comparative analysis between public and private sector universities of Punjab, Pakistan. International Journal of Business and Management, 7(1), 126-136. doi: 10.5539/ijbm.v7n1p126

Kurniasari, N. (2014). Hubungan disiplin kerja, lingkungan kerja, dan kompensasi terhadap kepuasan kerja dan kinerja pada pegawai politeknik Kesehatan. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 15(2), 21-31.

Malik, M.E., Nawab, S., Naeem, B., & Danish, R.Q. (2010). Job satisfaction and organizational commitment of university teachers in public sector of Pakistan. International Journal of Business and Management, 5(6), 17-26. doi: 10.5539/ijbm.v5n6p17

Mgaiwa, S.J. (2021). Academics’ job satisfaction in Tanzania’s higher education: The role of perceived work environment. Social Sciences & Humanities Open, 4, 1-9. doi:

Oshagbemi, T. & Hickson, C. (2003). Some aspects of overall job satisfaction: A binomial logit model. Journal of Managerial Psychology, 18(4), 357-367. doi: 10.1108/02683940310473109

Paryanto. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional pada komitmen, kepuasan kerja, dan niat pindah kerja dengan peran mediasi keadilan dan kepercayaan di RSO Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Daya Saing Jurnal Manajemen Sumber Daya, 18(2), 20-29.

Platsidou, M. & Diamantopoulou, G. (2009). Job satisfaction of Greek University professors: Is it affected by demographic factors, academic rank and problems of higher education? In G. K. Zarifis (Ed.), Educating the Adult Educator: Quality Provision and Assessment in Europe. Conference Proceedings, ESREA-ReNAdET, Thessaloniki: Grafima Publications. Retrieved from http://users.uom.gr/~platsidu/Job sat...on of Greek university professors.pdf.

Saba, I. (2011). Measuring the job satisfaction level of the academic staff in Bahawalpur College. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 1(1). Retrieved from http://hrmars.com/admin/pics/9.pdf

Sadeghi. A. & Pihie, Z.A.L. (2013). The role of transformational leadership style in enhancing lecturers’ job satisfaction. International Journal of Business and Social Science, 4(8), 264-271. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/2da2/d53a83c842462886db33443e251406eda7c6.pdf

Saner, T. & Eyupoglu, S.Z. (2012). The age and job satisfaction relationship in higher education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 55, 1020-1026. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.59

Saner, T. & Eyupoglu, S.Z. (2013). The gender-marital status job satisfaction relationship of academics. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 106, 2817-2821. doi: 10.1016/j.sbspro.2013.12.324

Setiawan, E., & Mardalis. (2015). Pengaruh gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap disiplin kerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 17(2), 14-24.

Ssesanga, K. & Garrett, R.M. (2005). Job satisfaction of university academics: Perspectives from Uganda. Higher Education, 50, 33-56. doi: 10.1007/s10734-004-6346-0

Toker, B. (2011). Job satisfaction of academic staff: An empirical study on Turkey. Quality Assurance in Education, 19(2), 156-169. doi 10.1108/09684881111125050

Yilmaz, S.M., Celebi, C.D., & Cakmak, E. (2014). Job satisfaction level of academicians in Faculty of Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 1021-1025. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.339

Article Metrics

Abstract view(s): 516 time(s)
PDF: 551 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.