PENGARUH KONVERSI BANK RIAU KEPRI KONVENSIONAL MENJADI BANK RIAU KEPRI SYARIAH TERHADAP ASSET DAN KEPUASAN NASABAH DENGAN PERSEPSI NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

raisa azura figana(1*)

(1) universitas riau
(*) Corresponding Author

Abstract

Abstrak

Perubahan pada industri perbankan yang kian cepat membuat bank harus merespon segala hal yang terjadi, saat ini Bank Riau Kepri berencana untuk mengkonversi ke bank komersial syariah. Rencana untuk mengubah model bisnis bank dari bank komersial sebelumnya menjadi syariah karena pemegang saham melihat potensi pengembangan bisnis di segmen tersebut. Hal ini terkait dengan latar belakang masyarakat di Riau dan Kepulauan Riau yang cukup kental dengan budaya Islam.

Penelitian ini mengambil Sampel sebanyak 379 nasabah. Variabel yang digunakan adalah konversi bank riau,persepsi nasabah,kualitas aset dan kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data dianalisis dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konversi Bank Riau Kepri Konvensional Menjadi Bank Riau Kepri Syariah berpengaruh Terhadap Kualitas Aset, Konversi Bank Riau Kepri Konvensional Menjadi Bank Riau Kepri Syariah berpengaruh Terhadap persepsi nasabah, Konversi Bank Riau Kepri Konvensional Menjadi Bank Riau Kepri Syariah berpengaruh Terhadap kepuasan nasabah, Konversi Bank Riau Kepri Konvensional Menjadi Bank Riau Kepri Syariah berpengaruh Terhadap kualitas aset melalui persepsi nasabah dan Konversi Bank Riau Kepri Konvensional Menjadi Bank Riau Kepri Syariah berpengaruh Terhadap kepuasan nasabah melalui persepsi nasabah.

Kata kunci: konversi bank riau,persepsi nasabah,kualitas aset dan kepuasan nasabah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 266 time(s)
PDF: 281 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.