ANALISIS MINAT MASYARAKAT TERHADAP PRODUK FERMENTASE TAPE SINGKONG PADA BULAN RAMADHAN MENGGUNAKAN MEDIA KUESIONER

Putri Prisillia Saragih(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract

kandungan gizi dalam singkong sangat tinggi sehingga singkong menjadi satu dari banyak bahan pangan utama masyarakat di Indonesia yang lumayan banyak diminati. Tape menjadi salah satu hasil dari lahan singkong yang prosesnya dengan fermentase. Tape banyak diminati masyarakat dengan rasa yang enak, harga yang terjangkau serta dapat dengan mudah ditemui. Penelitian bertujuan menganalisis minat masyarakat terhadap produk tape sebagai makanan pendamping saat bulan Ramadhan. Teknik pengumpulan data dengan analisis kuesioner dan analisis deskriptif, analisis data menggunakan skala Likert. Skala Likert merupakan skala pengukur instrumen yang digunakan untuk mengukur pendapat, persepsi, serta sikap seseorang maupun kelompok tentang kebenaran serta fenomena sosial.

Keywords

minat masyarakat; skala

Full Text:

PDF

References

Abdullah, A. S., Samrotun, Y. C., & Suhendro. (2018). Seminar Nasional dan Call for Paper: Manajemen, Akuntansi dan Perbankkan. Analisis Pajak Penghasilan Pasal 23 Atas Jasa Lain-Lain Pada PT Siba Prima Utama Feed Mill Tahun 2016, 664(1), 2015.

Anggiruling, D. O., Ekayanti, I., Khomsan, A., Masyarakat, D. G., Manusia, F. E., & Bogor, I. P. (2019). Analisis Faktor Pemilihan Jajanan , Kontribusi Gizi dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Factors Analysis of Snack Choice , Nutrition Contribution and Nutritional Status of Primary School Children. Jurnal MKMI, 15(1), 81–90.

Budiyanto, Y. (2016). PENGARUH TOUCH TERHADAP PEMBELIAN KONSUMEN PADA RETAIL STORE Yovan Budiyanto Universitas Ma Chung. 10, 1–13.

Habriyanto, H. (2019). Studi Kualitatif Pola Konsumsi Masyarakat Kota Jambi pada Bulan Ramadhan Berdasarkan Faktor Sosial. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 3(2), 123. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v3i2.71

Harsita, P. A., & Amam, A. (2019). Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Produk Olahan Singkong. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v3i1.2469

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870

Soemargono, S., Laksmono, R., & Suprianti, L. (2020). Jurnal Abdimas Teknik Kimia. Jurnal Abdimas Teknik Kimia, 01(1), 6–11. file:///C:/Users/User/Downloads/43-Article Text-141-1-10-20211129 (1).pdf

Sundalangi, M., Mandey, S. L., Jorie, R. J., Produk, K., Produk, K., Iklan, D. T., Potongan, D. A. N., & Terhadap, H. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 313–324.

Wardani. Ratna; Prianggajari. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan Masyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor Tirtoudan Kelurahan Tosaren. Jurnal Eduhealth, 3(2), 1–8.

Wijaya, T., & Maghfiroh, A. (2018). Strategi Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Produksi (Studi Pada Tape “Wangi Prima Rasa” Di Binakal Bondowoso). Profit : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 86–97. https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.563

Article Metrics

Abstract view(s): 425 time(s)
PDF: 395 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.