ANALISIS PEMBERIAN MOTIVASI PADA MEMBER PT. SRIKANDHI JAYATAMA INDONESIA

Rahmawati Riantisari(1*), Nur Rokhman(2), Buya Al Ghazali(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Klaten
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemberian motivasi menjadi sesuatu hal yang mutlak bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja membernya, namun motivasi dari internal masing-masing member menjadi syarat yang tidak bisa diabaikan.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemberian motivasi pada member yang dilakukan oleh PT. Srikandhi Jayatama Indonesia. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Data didapat melalui hasil wawancara secara langsung oleh pemilik dari PT. Srikandhi Jayatama Indonesia. Analisis pemberian motivasi didasarkan pada teori David McClelland. Adapun hasilnya adalah klasifikasi memberi, pemberian bonus, rumah, dan reward akan menaikkan kebutuhan prestasi. PT. SJI menyediakan complaint member center untuk member terkait dengan perilaku leader yang tidak sesuai dengan SOP, member bisa langsung melaporkan ke perusahaan dan adanya pertemuan berkala antar para member. Kebutuhan akan kekuasaan diberikan oleh PT. SJI untuk leader-leader seperti pelatihan focus meeting, pelatihan leadership program dan seminar penjualan untuk menginspirasi orang lain. Implikasinya pemberian motivasi yang dilakukan bukan hanya untuk meningkatkan kinerja tetapi untuk tetap mempertahankan kinerja yang tinggi dari member  PT.SJI.

Kata Kunci : Motivasi, Member, PT. Srikandhi Jayatama Indonesia


Full Text:

PDF

References

Asari1, A. R. (2021). The discourse of organization change at the perspective of david mc clelland ’ s achievement motivation theory. International Journal of Multi Science, 2(6), 56–62. Retrieved from https://multisciencejournal.com/index.php/ijm/issue/view/20

Baptista, J. A. D. A., Formigoni, A., Silva, S. A. da, Stettiner, C. F., & Novais, R. A. B. de. (2021). Analysis of the Theory of Acquired Needs from McClelland as a Means of Work Satisfaction. Timor Leste Journal of Business and Management, 3, 54–59. https://doi.org/10.51703/bm.v3i2.48

Edison, E. dkk. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Buku Seru.

Herliana, N., & Suhendi, A. (2021). Factors of Personal Motivation in Eric Ramiro Kirsten’S Movie Script Midnight Sun. Journal of Language, 3(2), 196–207. https://doi.org/10.30743/jol.v3i2.4550

Romawati, N., Supriadi, B., & Setyadi, M. C. S. (2022). Analysis of Transformational Leadership Style and Job Motivation on Employee Performance with Job Satisfaction as Intervening Variables in Ijen Suites Resort and Convention Hotel Malang. East African Scholars Journal of Economics, Business and Management, 5(8), 215–222. https://doi.org/10.36349/easjebm.2022.v05i08.003

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021).

Titisari, P. (2014). Peran Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Article Metrics

Abstract view(s): 254 time(s)
PDF: 222 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.