IMPLEMENTASI HUMAN MACHINE INTERFACE UNTUK PANEL MOTOR CONTROL CENTER DI PT. SOLUSI INDOSISTEM OTOMAT

Alfabil Arsy Akbar(1*), Arnisa Stefanie(2)

(1) Universitas Singaperbangsa Karawang
(2) Universitas Singaperbangsa Karawang
(*) Corresponding Author

Abstract

Suatu proses dalam dunia industri yang dijalankan oleh mesin tidak selamanya berjalan dengan baik. Oleh karena itu, banyak industri yang memanfaatkan HMI (Human Machine Interface) dalam bidang kontrol dan produksinya. Peranan HMI di industri sangat penting untuk mengontrol dan mengendalikan suatu sistem sehingga waktu dan tenaga kerja akan lebih efisien. Dengan menggunakan HMI maka operator akan dengan mudah untuk memonitoring kondisi mesin dan melacak kesalahan jika mesin mengalami gangguan. Berbagai proses pada industri yang menggunakan motor listrik sebagai bagian dari proses produksinya diperlukan suatu media pengontrolan pusat operasi motor listrik yang dinamakan MCC (Motor Control Center) untuk mengefisienkan pengoperasian motor-motor listrik. Penerapan HMI pada panel MCC di perusahaan kelapa sawit sendiri digunakan untuk memonitor dan mengontrol motor-motor listrik yang berperan selama proses produksi minyak sawit yang dapat dioperasikan dari jarak jauh yaitu melalui HMI yang terdapat pada panel MCC. Motor-motor listrik di lapangan dapat diketahui kondisinya berdasarkan warna yang terdapat pada HMI, seperti warna abu-abu menandakan dalam kondisi mati, warna hijau menandakan kondisi menyala, warna oranye menandakan sedang dilakukan pemeliharaan, dan warna merah menandakan beban berlebih atau trip.

Keywords

Human Machine Interface; Motor listrik;Panel Motor Control Center

Full Text:

PDF

References

K. A. Syahputra, F. R. A. Bukit, and Suherman, “Perancangan HMI (Human Machine Interface) Sebagai Pengontrol dan Pendeteksi Dini Kerusakan Kapasitor Bank,” J. Energy Electr. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 101–109, 2022.

M. Nasir, “Penerapan HMI pada Industri Rokok Tresno PT. Bantoel Group Menggunakan Aplikasi TIA Portal,” Surabaya, 2018.

Prismanto, T. Herdantyo, D. T. Nugroho, Y. Ramadhani, and A. Mubyarto, “Desain dan Simulasi Sistem HMI (Human Machine Interface) Berbasis Citect SCADA pada Konveyor Proses di Industri,” Semin. Nas. Edusaintek, pp. 253–262, 2018.

Y. Apriani, “Analisa Sistem Pengaman Motor Listrik dengan Menggunakan Maine Control Center (MCC) PT. Perta-Samtan Gas Sungai Gerong,” Tek. Elektro, pp. 45–55, 2021.

A. S. P. Rahda, “Perakitan Motor Control Center (MCC) di PT. PG Gorontalo,” Gorontalo, 2017.

A. Farizi, A. R. Adyannisa, D. S. Majid, and Kusnadi, “Perancangan Panel Motor Control Centre Dosing System for Clarifier,” vol. 7, pp. 139–145, 2022.

M. Zhu et al., “Haptic-feedback smart glove as a creative human-machine interface (HMI) for virtual/augmented reality applications,” Sci. Adv., vol. 6, no. 19, pp. 1–14, 2020, doi: 10.1126/sciadv.aaz8693.

A. Supriyono, “Penerapan Programmable Logic Control (PLC) Outseal pada Pengisian Botol Otomatis Berbasis Android,” Semarang, 2021.

P. D. Artinah, “Rancang Bangun Sistem Integrasi Human Machine Interface pada Mesin Automation Tools Crib,” Surabaya, 2018.

Y. J. Laksana, “Makalah Presentasi Otomasi Industri (Human Machine Interface),” Bandung, 2019.

R. B. F. Tarigan and I. Santoso, “Perencanaan Panel MCC di PT Tristar Engineering,” pp. 1–8, 2021.

I. M. A. A. Putra, H. Purnomo, and R. N. Hasanah, “Evaluasi Rancang Panel Motor Control Center (MCC) untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) pada PLTMG Duri-Riau,” J. Mhs. TEUB, vol. 5, no. 3, 2017.

Article Metrics

Abstract view(s): 405 time(s)
PDF: 337 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.