Aplikasi Pengenalan Pola pada Citra Bola sebagai Dasar Pengendalian Gerakan Robot

Ratnasari Nur Rohmah(1*), ‪Usman Balugu Hanafi(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Politeknik Negeri Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract

Makalah ini memaparkan aplikasi metode pengenalan pola pada citra bola sebagai dasar pengendalian gerakan robot. Citra bola merupakan data masukan yang diakuisisi dengan kamera pada robot. Data citra pada penelitian ini digunakan untuk:seleksi obyek, jarak obyek ke robot, dan penentu arah gerakan robot. Fitur citra yang digunakan dalam proses pengendalian robot adalah fitur-fitur: warna, bentuk, perubahan ukuran, dan perubahan posisi relatif obyek pada suatu sumbu koordinat. Fitur ciri diperoleh dengan penapisan warna pada runag warna HSV, pengenalan bentuk dengan circle Hough transform, perubahan ukuran dengan perbandingan jumlah piksel, dan posisi relatif obyek diperoleh dengan perbandingan jarak horisontal dari titik pusat bola awal ke tepi-tepi bola. Uji coba pada sistem memperlihatkan metode pengenalan pola citra yang diterapkan dapat digunakan sebagai dasar gerakan robot. Hasil uji coba memperlihatkan robot dapat melakukan penjajakan terbaik pada citra dengan resolusi 320x240 piksel, dan memiliki jarak pandang maksimum 113 cm, dan mengenali obyek sampai pada intensitas cahaya minimum 21,1 lux.

Keywords

pengenalan pola; citra; pengendalian

Full Text:

PDF

References

Sural, S., Qian, G., Pramanik, S,“Segmentation and histogram generation using the HSV color space for image retrieval,” Proceedings of IEEE International Conference on Image Processing, pp. 589-592, 2002.

Yustinus, P.. ”Rancang Bangun Aplikasi Pendeteksi Bentuk Dan Warna Benda Pada Mobile Robot Berbasis Webcam”, Academia, 2012.

Ikwuagu, E., “Design Of An Image Processing Algorithm ForBall Detection”,Computing Research Association, 2011.

Article Metrics

Abstract view(s): 896 time(s)
PDF: 540 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.