Prototipe Alat Monitoring Kesehatan Jantung berbasis IoT

Ridho Surya Kusuma(1*), Mey Pamungkasty(2), Faisal Surya Akbaruddin(3), Umi Fadlilah(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kesehatan jantung merupakan investasi jangka panjang untuk keberlangsungan hidup. Oleh karena itu untuk mewujudkan jantung sehat dan terhindar dari penyakit kardiovaskular ini, dibuatlah sebuah inovasi alat prototipe monitoring kesehatan jantung dengan sistem online. Sistem monitoring ini mengkombinasikan antara sistem pakar VCIRS (Variable Centered Intelligence Rule System ), pengukuran detak jantung BPM (beat per minute), dan IoT (Internet of Things) yang bertujuan untuk memonitoring kesehatan jantung dan mendeteksi penyakit jantung secara dini serta dilakukan mandiri. Keluaran dari sistem ini adalah pernyataan bahwa pengguna dalam kondisi jantung sehat atau menderita gejala penyakit jantung kemudian dilanjutkan dengan analisa dari pengguna dengan memilih gejala sesuai yang form yang disediakan. Berdasarkan pengujian dan analisa sistem bahwa prototipe alat monitoring kesehatan jantung telah mampu menganalisa serta berjalan dengan baik. Hasil dari analisa alat ini dapat dilihat secara online di situs website.

Keywords

BPM; VCIRS; Internet Of Things; Sensor Pulse Heart

Full Text:

PDF

References

Ahmed, dkk. 2015. Effective Diagnosis and Monitoring of Heart Disease (Jurnal Internasional IJSEIA). Zarqa : The Hashemite University.

Depkes.(http://www.depkes.go.id/article/view/17073100005/penyakit-jantung-penyebab-kematian-tertinggi-kemenkes-ingatkan-cerdik-.html), diakses tanggal 23 Oktober 2017.

Elektrologi.(http://elektrologi.kabarkita.org/sensor-detak-jantung) diakses tanggal 16 September 2016.

GBD 2013, “Mortality and Causes of Death”. 2014

Hartati , Sri. Iswanti, S. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Heruryanto, Hamdan. (2014). Sistem Pengukuran Detak Jantung Berbasis Mikrokontroller Atmage8535. Makassar : Tugas Akhir, Universitas Hasanuddin.

Joel. 2012. Anatomy of The DIY Heart Rate Monitor.

http://pulsesensor.myshopify.com/blogs/news/6326816anatomy-of-thediy-heart-rate-monitor diunduh 22.35 WIB tanggal 3 Juni 2018.

Rachmawati, Nurul. (2010). Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Jantung dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Dekstop. Surakarta : Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

WHO.2015. “Cardiovascular Diseases”. http://www.who.int/cardiovascular_diseases/en/ diakses pada 2 juni 2018 pukul 04.25 WIB

Zennifa, Fadilla. (2013). Prototipe Alat Deteksi Dini dan Mandiri Penyakit Jantung Menggunakan Sistem Pakar VCSIR, Arduino dan Handphone Android, Universitas Andalas.

Article Metrics

Abstract view(s): 7560 time(s)
PDF: 8527 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.