Rancang Bangun Media Pembelajaran IPA (Ayo Mengenal Hewan dan Tumbuhan) untuk Kelas IV SD berbasis Android

Yogiyana Aditama(1*), Devi Afriyantari Puspa Putri(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari, hal yang dipelajari oleh siswa-siswi adalah pengelompokan hewan, siklus hidup hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Namun dalam proses belajar mengajar siswa-siswi kurang termotivasi karena proses belajar mengajar yang kurang menarik. Berdasarkan masalah tersebut dibuatlah media pembelajaran IPA berbasis android untuk kelas 4 SD karena siswa-siswi masih memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap smartphone android dan animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembeljaran IPA yang interaktif dan menyenangkan sehingga siswa-siswi dapat mempelajari pembelajaran IPA dengan mudah dan menyenangkan. Metode yang digunakan untuk perancangan aplikasi ini adalah metode waterfall. Tahap pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode pengujian black box testing dan user acceptance test dengan siswa-siswi dan guru sebagai responden. Dari seluruh hasil pengujian dan penyebaran kuisioner yang menunjukkan nilai rata-rata 93,4% maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai yang diharapkan serta dapat menjadi media pembelajaran untuk siswa-siswi.

Keywords

Android; Animasi; Hewan &Tumbuhan; IPA; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

M. Ngafifi, “Advances in Technology and Patterns of Human Life in Socio-Cultural Perspective,” Kemajuan Teknol. dan Pola Hidup Mns. vol. 2, no. 1, pp. 33–47, 2014.

R. Delima, N. K. Arianti, and B. Pramudyawardani, “Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Aplikasi Permainan Edukasi Bagi Anak Usia 4 sampai 6 Tahun,” Tek. Infor pp. 1–8, 2015.

H. Supriyono et al., “The 2 nd University Research Coloquium 2015 ISSN 2407-9189 Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Huruf Jawa Berbasis Adobe Flash Coloquium 2015 ISSN 2407-9189,” pp. 1

A. R. Pratiwi, “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Kebudayaan Islam di MTS Negeri Karanganyar

F. Arifin, T. Abidin, and M. Humam, “Game Edukasi Pengenalan Cara Hidup Hewan dan Tumbuhan Untuk 4,” pp. 54–60, 2003.

D. W. Putra, A. P. Nugroho, and E. W. Puspitarini, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Merdeka Pasuruan, vol. 1, no. 1, pp. 1

H. Sulistyanto, “Urgensi Pengujian Pada Kemajemukan Perangkat Lunak Dalam Multi Perspektif 2017.

A. B. Mutiara, “Testing Implementasi Website Rekam Medis Elektronik Opeltgunasys Dengan Metode Acceptance Testing no. Kommit 2014, pp. 1–7, 2015.

P. Sugiyono, “Dr. 2010,” Metod. Penelit. Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung CV Alf., 2010.

Article Metrics

Abstract view(s): 739 time(s)
PDF: 567 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.