Sistem Pendukung Keputusan Penerima Program Subsidi RASTRA dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Dindo Sarwono(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Program subsidi Rastra (Beras Rakyat Sejahtera) merupakan program dari presiden untuk upaya peningkatan pendapatan para petani, ketahanan pangan, pengebangan ekonomi pedesaan dan stabilitas ekonomi nasional. Dan bertujuan untuk membatu masyarakat berpenghasilan rendah. Dalam pendistribusian Program Subsidi Rastra di Kelurahan Blumbang masih terjadi permasalahan akibatnya program tersebut tidak tepat sasaran, untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi komputer yang dapat membantu mengambil sebuah keputusan yang tepat. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Program Subsidi Rastra dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode dengan metode penjumlahan berbobot dengan konsep mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif. Hasil penelitian bahwa aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerima Program Subsidi Rastra dapat membantu mengambil keputusan yang tepat dalam pendistribusian program Subsidi Rastra, sehingga program tersebut dapat terditribusi dengan tepat sasaran dan tidak ada kecurangan.

Keywords

Beras Rakyat Sejahtera; Sistem Pendukung Keputusan; Simple Additive Weighting

Full Text:

PDF

References

R. T. Pahlevy, “Rencana Bangun Sistem Pendukung Keputusan Menentukan penerima Beasiswa dengan Menggunakan metode Simpele Additive Weighting (SAW),” Skripsi Program Studi Tehnik Informatika, 2010.

A. S. Rini, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beras Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Simple Additive Weighting,” Jurnal Sarjana Teknik Informatiks, 2014.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta : Andi, 2007.

S. Kusumadewi, Fuzzy Multi-Attribute Desicion Making (Fuzzy FAMDM), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

T. K. R. Pusat, Pedoman Umum Subsidi Rastra, Jakarta: Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2017.

Risawandi dan R. R, “Study of the Simple Multi-Attribute Rating Technique For Decision Support,” International Journal of Scientific Research in Science and Technology (IJSRST), vol. 2, no. 6, pp. 491-494, 2016.

A. L dan R. A. C, “Simple Additive Weighting Methods of Multi criteria Decision Making and Applications: A Decade Review,” International Journal of Information Processing and Management(IJIPM), vol. 5, no. 1, pp. 39-49, 2014.

S. Eniyati, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pengambil Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive weighting).,” Jurnal Teknologi DINAMIK, vol. 16, no. 2, 2011.

K. M, Simare-mare dan S. A. P. U. , “Decision Support System in Selecting The Appropriate Laptop Using Simple Additive Weighting,” International Journal of Recent Trends in Engineering & Research, vol. 2, no. 12, pp. 215-222, 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 435 time(s)
PDF: 898 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.