EFEKTIVITAS NEURAL MOBILIZATION TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN FUNGSIONAL PADA ISCHIALGIA

Siti Khadijah(1*), Ilham Setya Budi(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan Mengidentifikasi efektivitas neural mobilization terhadap peningkatan kemampuan fungsional pada pasien ischialgia et causa compression fractures.

Metode Metode penelitian meliputi studi kasus “case report” yang dilakukan pada 2 orang pria dengan kondisi ischialgia et causa compression fractures. Alat ukur yang digunakan seperti VAS untuk derajat nyeri, pita ukur untuk ROM trunk, SLR test untuk pemeriksaan sensitivitas jaringan neurologis terhadap tekanan mekanis, MMT untuk kekuatan otot, dan modified oswestry low back pain disability questionnaire untuk kemampuan fungsional. Intervensi fisioterapi dengan neural mobilization. Evaluasi diukur setelah 2 kali perlakuan dengan menggunakan alat ukur yang sama. Outcome yang digunakan adalah modified oswestry low back pain disability questionnaire untuk mengukur kemampuan fungsional pasien.

Hasil Setelah dilakukannya terapi sebanyak 2 kali didapatkan hasil penilaian pada pasien 1 dan 2 ialah adanya perubahan pada derajat nyeri, ROM trunk, namun belum adanya perubahan pada kekuatan otot.

Kesimpulan Adanya perubahan terhadap derajat nyeri dan ROM trunk, namun belum adanya perubahan pada kekuatan otot yang menunjang peningkatan aktivitas dan kemampuan fungsional pasien. Merujuk pada hasil penelitian, perlu dilakukannya penelitian dengan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan permasalahan pada ischialgia et causa compression fractures.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 1127 time(s)
PDF: 2583 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.