HUBUNGAN ANTARA JUMLAH LANGKAH TIAP HARI DENGAN HIPERTENSI

Devinta Yulia Laksmita(1*)

(1) Department of Physiotherapy, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Objektif Di Indonesia, telah dibangun klaim yang menyatakan bahwa tiap individu perlu berjalan 10.000 langkah sehari untuk menjaga kesehatannya. Hipertensi adalah masalah kesehatan masyarakat yang umum ada di masyarakat dan berkontribusi terhadap resiko suatu penyakit seperti penyakit kardiovaskuler, stroke, kematian, dan disabilitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan korelasi antara langkah per hari dan hipertensi.

Metode Penelitian ini menggunakan studi cross sectional dengan total subjek 38 orang. Tekanan darah ditentukan dalam posisi duduk dan dalam keadaan istirahat, tensi darah diukur dengan menggunakan sphygmomanometer.  Analisis data menggunakan Uji Rank Spearman.

Hasil Tekanan darah dikelompokkan menjadi kelompok normal dan hipertensi. Setelah berjalan satu bulan, tekanan darah sistolik agak normal pada kelompok dengan irama yang lebih tinggi dalam sehari. Hasil uji korelasi antara langkah berjalan dan tekanan darah adalah nilai p = 0,4.

Kesimpulan Ada korelasi antara banyak langkah setiap hari dengan individu dengan berbagai tingkat tekanan darah sistolik

 

Kata kunci hipertensi, langkah, tekanan darah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 793 time(s)
PDF: 824 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.