Peran Dukungan Sosial pada Stres Akulturatif Mahasiswa Asing di Universitas Sebelas Maret

Bernadeta Pramesi Ramania(1*), Tri Rejeki Andayani(2), Rahmah Saniatuzzulfa(3),

(1) Sebelas Maret University
(2) Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret
(3) Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.6530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dukungan sosial pada stres akulturatif  mahasiswa asing di Universitas Sebelas Maret (UNS). Populasi dalam penelitian kuantitatif ini berjumlah 111 mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini berjumlah dengan menggunakan teknik incidental sampling dan snowball sampling. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan skala stres akulturatif (reliabilitas 0,913) dan skala dukungan sosial (reliabilitas 0,855). Hasil teknik analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa dukungan sosial berperan pada stres akulturatif secara signifikan ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,451>4,05), nilai p 0,006 (p<0,05) dan koefisien korelasi (R) sebesar -0,394. Sumbangan efektif variabel prediktor terhadap variabel kriterium adalah -15,5%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, dukungan sosial memiliki peran negatif sebanyak 15,5% pada tingkat stres akulturatif pada mahasiswa asing yang sedang menempuh studi di UNS.

Full Text:

PDF

References

Chen, Y., & Chen, H. (2009). A study on international student adjustment from academic, social, and cultural viewpoints in Taiwan. International Conference on Business Management andInformation Technology Application, 52–60. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/2c06/3b1ae2ae7f206cb5dbe513d5135412252c0c.pdf

Cohen, S., & Hoberman, H. M. (1983). Positive events and social supports as buffers of life change stress1. Journal of Applied Social Psychology, 13(2), 99–125. https://doi.org/10.1111/j.1559-1816.1983.tb02325.x

Cohen, S., & Wills, T. A. (1985). Stress, social support, and the buffering hypothesis. Psychological Bulletin, 98(2), 310–357. https://doi.org/10.1037/0033-2909.98.2.310

Desa, A., Yusooff, F., & Kadir, N. B. A. (2012). Acculturative stress among international postgraduate students at UKM. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 364–369. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.287

La’ia, J. L. (2016). Adaptasi antarbudaya mahasiswa asing UNS (studi deskriptif kualitatif tentang hambatan Komunikasi antarbudaya mahasiswa asing dalam beradaptasi di Solo tahun 2015). Universitas Sebelas Maret. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/52238/Adaptasi-Antarbudaya-Mahasiswa-Asing-UNS-Studi-Deskriptif-Kualitatif-tentang-Hambatan-Komunikasi-Antarbudaya-Mahasiswa-Asing-dalam-Beradaptasi-di-Solo-Tahun-2015

Mallinckrodt, B., & Fretz, B. R. (1988). Social support and the impact of job loss on older professionals. Journal of Counseling Psychology, 35(3), 281–286.https://doi.org/10.1037/00220167.35.3.281

Misra, R., Crist, M., & Burant, C. J. (2003). Relationships among life stress, social support, academic stressors, and reactions to stressors of International Students in the United States. International Journal of Stress Management, 10(2), 137–157. https://doi.org/10.1037/1072-5245.10.2.137

Rajab, A., Rahman, H. A., Panatik, S. A., & Mansor, N. S. (2014). Acculturation stress among international students. Journal of Economics, Business and Management, 2(4), 262–265.https://doi.org/10.7763/JOEBM.2014.V2.136

Sandhu, D. S., & Asrabadi, B. R. (1994). Development of an acculturative stress scale for international students: preliminary findings. Psychological Reports, 75(1), 435–448. https://doi.org/10.2466/pr0.1994.75.1.435

Sood, S. (2012). The statistics of studying abroad. Retrieved from http://www.bbc.com/travel/story/20120926-the-statistics-of-studying-abroad

Suyanti, E. (2011). Strategi Internasionalisasi dalam Bidang Penelitian pada Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 10. https://doi.org/10.21009/jmp.02102

Thomas, M., & Choi, J. B. (2006). Acculturative stress and social support among Korean and Indian immigrant adolescents in the United States. Journal of Sociology and Social Welfare, 33(2), 123–143. Retrieved from https://scholarworks.wmich.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=3164&context=jssw

Wangke, H. (2014). Peluang Indonesia dalam masyarakat ekonomi Asean 2015. Info Singkat Hubungan Internasional,VI(10), 5–8. Retrieved from http://berkas.dpr.go.id/pengkajian/files/info_singkat/InfoSingkat-VI-10-II-P3DI-April-2014-4.pdf

Widhiarso, W. (2010). Pengembangan skala psikologi: lima kategori respons ataukah empat kategori respons?, 1–5. Retrieved from http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/widhiarso_2010_-_respon_alternatif_tengah_pada_skala_likert.pdf

Article Metrics

Abstract view(s): 1144 time(s)
PDF: 2250 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.