Hubungan antara Karakteristik Sensorik Makanan dengan Sisa Makanan Biasa pada Pasien Rawat Inap RSUD Dr. Soeratno, Gemolong, Kabupaten Sragen

Vivin Ariyanti(1*), Endang Nur Widyaningsih(2), Rusdin Rauf(3)

(1) RSUD dr Soeratno Gemolong Jl. Dr Soetomo No. 792, Gemolong, Kabupaten Sragen
(2) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Makanan yang disajikan di rumah sakit berfungsi untuk mempertahankan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan sehingga tingginya sisa makanan dapat berpengaruh terhadap kesehatan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sensorikmakanan dengan sisa makanan biasa pada pasien rawat inap RSUD dr. Soeratno Gemolong. Jenis penelitian ini adalah crossectional. Jumlah responden 40orang, dipilih dengan cara konsekutif sampling. Data yang dikumpulkan meliputi karakteristik sensorik makanan yaitu warna, aroma, rasa dan tekstur makanan yang diperoleh melalui kuesioner makan pagi, siang dan sore serta data sisa makanan pasien yang diperoleh dengan metode penimbangan. Data dianalisis dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Secara keseluruhan karakteristik sensorik makanan (warna, aroma, rasa,tekstur) dalam kategori Baik. Karakeristik sensorik pada warna kategori menarik 87,5%, pada aroma kategori sedap 82,5%, pada rasa kategori enak 85,5% dan pada tekstur kategori sesuai 97,5%. Rata-rata sisa makanan responden 26,6%. Secara statistik, ada hubungan antara warna, aroma dan rasa makanan dengan sisamakanan biasa pada pasien rawat inap di RSUD dr. Soeratno Gemolong. Tidak ada hubungan antara tekstur makanan dengan sisa makanan biasa pada pasien rawat inap RSUD dr. Soeratno Gemolong.

Keywords

Karakteristik sensorik makanan; sisa makanan

Full Text:

PDF

References

Almatsier, S., 2006, Penuntun Diet, Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Depkes RI., 2011, Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, Direktorat Rumah Sakit Khusus dan Swasta, Dit. Jen.Yanmedik, Jakarta

Hubeis, M., dan Kadarisman, D., 2007, Pengendalian Mutu Pada Industri Pangan. Universitas Terbuka, Jakarta.

Khairunnas., 2007, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Sisa Makanan pada Pasien yang dirawat Inap di Rumah Sakit DR. Achmad Mochtar Bukit Tinggi, Tesis, FKM UGM, Yogyakarta.

Moehyi, S., 2004, Penyelenggaran Makanan Institusi dan Jasa Boga, Bhatara, Jakarta.

Munawar, Asep A., 2011,Hubungan Penampilan Makanan, Rasa Makanan dan Faktor Lainnya dengan Sisa makanan Pasien Kelas 3 di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung, Tesis, FKM UI.

Nida, K., 2012, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Sisa Makanan Pasien Rawat Inap di RSJ Sambang Lihum, Skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Husada Borneo Banjar Baru.

Notoatmodjo, S.,2010, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.

Riduwan., 2009, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Rijadi, C., 2002, Faktor- faktor Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Sisa Makanan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus di Ruang Rawat Inap, Skripsi, FKM UNDIP, Semarang.

Suryawati, C., Dharminto., Zahroh, S., 2006,Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 09, 177-184.

Uyami., Hendriyani, H., Wijaningsih, W., 2012,Perbedaan Daya Terima, Sisa dan Asupan Makanan pada Pasien dengan Menu Pilihan dan Menu Standar di RSUD Sunan Kalijaga Demak, Jurnal Riset Gizi. 2 (1).

Article Metrics

Abstract view(s): 2641 time(s)
PDF: 2472 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.