Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika di SMA

Sutama Sutama(1*), Gilang Ary Sandy(2), Djalal Fuadi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. (1) Mendeskripsikan penyusunan instrument penilaian
autentik mata pelajaran matematika. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan penilaian
autentik mata pelajaran matematika. (3) Mendeskripsikan pemanfaatan hasil penilaian autentik mata pelajaran matematika. Jenis penelitian kualitatif menggunakan desain etnografi. Tempat penelitian di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Waktu penelitian dari bulan februari 2016 sampai dengan bulan agustus 2016. Subjek penelitian wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru matematika dan siswa kelas XI Ipa. Teknik analisis data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dengan teknik interaktif dengan proses reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ada tiga. (1) Penyusunan instrumen penilaian dilakukan dengan menetapkan aspek yang diteliti, merumuskan tujuan, merumuskan indicator berdasarkan kompetensi dasar, dan membuat kriteria ketuntasan minimal. (2) Pelaksanaan penilaian aspek sikap menggunakan teknik observasi dan jurnal. Pelaksanaan aspek pengetahuan dilakukan dengan tes lisan, tes tertulis dan penugasan. Tes lisan sebagai pendukung tes tertulis. Penugasan dilakukan dengan berkelompok maupun individu. Pelaksanaan aspek keterampilan dilakukan dengan teknik unjuk kerja menggunakan skala penilaian yang disertai rubrik. (3) Pemanfatan hasil penilaian untuk membentuk sikap positif siswa, menyeragamkan kemampuan berfikir siswa, memberikan informasi kepada orangtua, dan perbaikan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

Keywords

penilaian autentik; aspek afektif; aspek kognitif; aspek psikomotor

Full Text:

PDF

References

Almond, P. 2010. Technlogy Enabled and Universally Designed Assessment: Consedering Assess in Measuring the Achievement of Student with Disabilities a Foundation for Research. The Journal of Technology: Learning and Assessment Vol 10.

Clementsa, M. D. & Cord, B. A. 2013. Assessment Guilding Learning: Developing Graduate Qualities in an Eksperiential Learning Progame. Assessment and Evaluation in Higher Eduacation. 2013 vol 38.

Earl, K. 2011. An-other Look at Assessment: Assessment in Learning. New Zealand Journal of Teachers’ Work Volume 8.

Gao, M. 2012. Classroom Assessments in Mathematics: High School Students’ Perceptions. International Journal of Business and Social Science. Vol 3. No2.

Kulprasit, W. 2016. EFL Students Attitudes Toward Authentic and Formative Assessment: The Role of Writing Rubric. International Journal of Languages, Literature, and Linguistics. Vol 2. No 1.

Kunandar. 2013. Penilaian Authentik (penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Merta, I. M. E. D & Mahadewi, L. P. P. 2015. Analisis Autentik Menurut Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Kelas IV SD No 4 Banyuasri. e- Journal PGSD Universitas Ganesha. Vol 3 no 1 Tahun 2015.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bamdung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murdaningsih. S & Murtiyasa, B. 2015. A Analysis Eight Grade Mathematics Text Book Of New Indonesian Curiculum (K13) Based on PISA Framework. Journal Of Research And Advances in mathematics Educattion. Vol 1. No 1. 2016.

Nickel, J. 2013. Formative Assessment and syntheses in Reflekction Journal. Reflection Journal Volume 6.3 April 2013.

Retnawati, H. Hadi, S & Nugraha. A. C. 2016. Vocational High School Teachers’ Difficulties in Implementing the Assessment in Curriculum 2013 in Yogyakarta Province of Indonesia. International Journal of Intruction. ISSN Vol 9. No 1.

Sutama, 2015. Metode peneltian pendidikan. Surkarta: Fairuz Media.

Sutama, Narimo, S & Samino. 2015. Management of Curriculum 2013 Mathematic Learning Evaluation In Junior High School. International Journal Of Education. ISSN Vol 7. No 3.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyatmini. Sarjono, Y. Asmawati, T & Rohmah, W. 2015. Accounting Learning Management on Curriculum 2013 Based on Lesson Study at Vocation School Surakarta. International Journal Of Education. ISSN Vol 7. No 4.

Yunus, M & Retnowati, T H. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kelas pada Mata Pelajaran Matematika SMP Negeri di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Evaluasi Pendidikan Vol 2, No 2 2014.

Wolf, K & Stevans, E. 2007. The Role of Rubicsin Advancing and Assessing Student Learning. The Journal of Effective Teaching. Vol 7. No1 2007.

Article Metrics

Abstract view(s): 5281 time(s)
PDF: 6224 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.