Dukungan Kepemimpinan Guru, Kondisi Lingkungan dan Minat Belajar terhadap Kemandirian Siswa SMA

A Astuti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dukungan (1) kepemimpinan guru, kondisi
lingkungan dan minat belajar terhadap kemandirian siswa dalam pembelajaran
Akuntansi kelas XII jurusan IPS SMA Batik 2 Surakarta (2) kepemimpinan guru
terhadap kemandirian siswa dalam pembelajaran Akuntansi kelas XII jurusan
IPS SMA Batik 2 Surakarta (3) kondisi lingkungan terhadap kemandirian siswa
dalam pembelajaran Akuntansi kelas XII jurusan IPS SMA Batik 2 Surakarta (4)
minat belajar terhadap kemandirian siswa dalam pembelajaran Akuntansi kelas
XII jurusan IPS SMA Batik 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Teknik pengumpulan
data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) secara simultan kepemimpinan guru, lingkungan, dan minat belajar, secara bersama-sama memiliki

kontribusi terhadap kemandirian siswa dengan signifikansi uji F kurang dari 0,05
yaitu 0,000. (2) ada kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan guru dengan
kemandirian siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan t nya 3,707. (3)
ada kontribusi yang signifikan antara lingkungan dengan kemandirian siswa dengan
nilai signifikansi 0,026 dan thitung hitung nya 2,280. (4) ada kontribusi yang signifikan antara minat belajar dengan kemandirian siswa dengan nilai signifikansi 0,002 dan t sebesar 3,317 hitung

Keywords

kepemimpinan guru; kondisi lingkungan; minat belajar, kemandirian siswa

Full Text:

PDF

References

Azevedo, A.S., Dias, P.C., Salgado, A., Guimaraes, T., Lima, I., & Barbosa, A. 2012. TeacherStudent Relationship

and Self-Regulated Learning in Portuguese Compulsory Education. Paidéia, Vol. 22, No. 52, 197-206. doi:10.1590/S0103-863X2012000200006.

Barker, J. dan Gossman, P. 2013. The Learning Impact of a Virtual Learning Environment: Students’views. Teacher Education Advancement Network Journal, Vol. 5 (2), pp. 1938.

Chaves-Barboza, E., Trujillo-Torres, J. M., & López-Núñez, J. A. (2015). Accomplishments in Learning Self-Regulation in Personal Environments. Creative Education, 6, 11081120. http://dx.doi.org/10.4236/ce.2015.611109.

Lee, Yu-Je et al. .2011. The influences of interest in learning and learning hours on learning

outcomes of vocational college students in Taiwan: using a teacher’s instructional attitude as the moderator. Global Journal of Engineering Education. Vol. 13, No. 3.

Mudjiman, Haris. 2007. Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta: UNS.

Muslich, Mansur. 2007. KTSP, Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafaruddin. 2012. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Medan: Perdana Publishing

Rubin, B. & Fernandes, R. 2013. The Teacher as Leader: Effect of Teaching Behaviors on Class ommunity and Agreement. The International Review of Research in Open and Distance Learning, Vol. 14, No. 5, pp. 1-26.

Article Metrics

Abstract view(s): 256 time(s)
PDF: 506 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.