MEMAHAMI BINGKAI MEDIA ONLINE DALAM NARASI HUKUMAN MATI KASUS KORUPSI BANSOS

Varian Caezar Himawan Mulya(1*), Vinisa Nurul Aisyah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana narasi hukuman mati disajikan di media massa online. Narasi hukuman mati dalam penelitian ini merujuk pada isu yang berkembang saat kasus korupsi bantuan sosial terungkap KPK tahun 2020. Narasi hukuman mati yang dibingkai media online dianalisis dengan menggunakan analisis framing konsep milik Robert N Entman. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian diambil dari pemberitaan media Kompas.com dan Tempo.co antara bulan Desember 2020 hingga Maret 2021. Hasil dan pembahasan penelitian melalui analisis empat unsur framing menunjukkan bahwa, pertama, Kompas.com dan Tempo.co menunjukan dukungannya dengan adanya keselarasan narasi hukuman mati untuk para koruptor bansos. Kedua, media tersebut tidak memberikan ruang untuk pihak Juliari Batubara untuk membela haknya. Walaupun terdapat kesamaan yaitu mendukung narasi hukuman mati tersebut, terdapat perbedaan dalam pengambilan data yang dilakukan oleh Kompas.com dan Tempo.co yaitu dari elemen dan latar belakang narasumber.

References

Andika, Yoga, and Asep Sadiana. 2007. “Konstruksi Realitas Internasional Dalam Korporasi Media Massa Lokal: Pengkonstruksian Citra George W. Bush Selama Pemilu Presiden 2004 Oleh Kompas.” GLOBAL 9(1).

Durham, F. S. 1998. “News Frames as Social Narratives: TWA Flight 800.” Journal of Communication 48(4):100–117.

Entman, R. M. 1993. “Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm.” Journal of Communication 43(4):51–58.

Eriyanto. 2002. ANALISIS FRAMING: Konstruksi, Ideologi, Dan Politik Media. Yogyakarta: LKis.

Farihanto, M. .. 2014. “‘Teman Tapi Mesra Humas Dan Wartawan (Studi Kasus Strategi Hubungan Media Di Bidang Humas Dan Protokoler Universitas Ahmad Dahlan).’” Jurnal Komunikasi PROFETIK 7(2):53–64.

Article Metrics

Abstract view(s): 499 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 542 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.