MODEL INFORMASI PUBLIK DI ERA MEDIA SOSIAL: KAJIAN GROUNDED TEORI DI PEMDA SUKOHARJO

Dian Purworini(1*)

(1) Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Model komunikasi yang diterapkan di instansi pemerintah daerah menarik untuk diteliti dari kajian public relations. Model komunikasi yang tampak dilakukan satu arah diyakini oleh banyak kalangan akan bergeser ke komunikasi dua arah seiring dengan maraknya perkembangan media sosial. Penelitian di bidang ini tentu sangat relevan mengingat humas secara ideal memiliki peran signifikan dalam mengelola komunikasi di instansi. Penelitian ini dilakukan di pemerintah daerah Sukoharjo. Penelitian dilakukan dengan yang teknik kualitatif dengan analisis data menggunakan grounded theory. Dari analisis yang dilakukan, dapat dijelaskan bahwa humas pemda Sukoharjo menganut model komunikasi satu arah, dimana model ini bertumpu pada diseminasi informasi kepada publik. Ini menjelaskan nilai utama yang melekat dalam komunikasi di humas pemda. Nilai utama termasuk pola komunikasi, tipe informasi dan media yang digunakan. Komunikasi satu arah terbentuk karena pengaruh SDM yang ada dan peraturan yang berlaku di instansi tersebut.

Full Text:

PDF

References

Ali, Faried dan Alam, Andi Syamsu. 2012. Studi Kebijakan Pemerintah. Bandung: PT Refika Aditama

Chipchase, Jo, dan Alison Theaker.2011. Using TheInternet Effectively In Public Relations. In The Public Relations Handbook, 2nd edition, by Alison Theaker, 256-285. 2 Park Square: Routledge.

Creswell, John. W. 2007.Qualitative Inquiry And Research Design ;Choosing Among Five Approaches. Sage Publications, Inc.

Hrdinová, Jana., Helbig, Natalie., Peters, Catherine Stollar. 2010. Designing Social Media Policy For Government: Eight Essential Elements. Laporan, New York: The Research Foundation Of State University Of New York,

Kim, Ji Young dan Juan Carlos Molleda. 2011. Public Relations Society Of America 1, A Quantitative

Analysis Of Governments’ Use Of Interactive Media As A Global Public Relations Strategy. Public Relations

Masmuh, Abdullah. 2010. Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori Dan Praktek. Malang: UMM

Press.

Wilcox, Dennis L. 2006. The Landscape of Today’s Global Public Relations. Anàlisi, 34, 2006, 67-85.

Wright, Donald K, dan Michele, D Hinson. 2010. An Analysis Of New Communications Media Use In Public Relations: Results Of A Five-Year Trend Study.Public Relations Journal Vol. 4, No. 2..

Harian Kompas (27/11/2012)

Majalah Marketers (November 2012)

Article Metrics

Abstract view(s): 4043 time(s)
PDF: 3796 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.