Efektifitas Line Group Dalam Mendorong Gerakan Mahasiswa Melek Politik

Dini Safitri(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Line group sebagai media komunikasi untuk kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ. Line group sangat efektif membantu mahasiswa dalam menanyakan tugas, dan memberi info kuliah serta sebagai sarana melek politik untuk ber-komunikasi antar group. Karena media line sangat mudah digunakan dan lebih up-to date sebagai media sosial antar group. Efektivitas Line Group mendorong mahasiswa untuk berkomunikasi melek politik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek media line sebagai sarana komunikasi dalam mendorong gerakan mahasiswa melek politik di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial di UNJ. Teori yang digunakan adalah Efektivitas Komunikasi, Efek Media, dan Komunikasi Politik. Penelitian ini bersifat deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNJ  2018 yang berjumlah 38 orang. Hasil penelitian ini adalah pengguna media sosial line group yaitu para mahasiswa Ilmu Komunikasi FIS UNJ  2018 sangat efektif terikat dan dalam penggunaan jaringan sosial line sebagai efek media komunikasi dalam melek politik.

References

Arumsari, Nugraheni dan Setiajid. (2018). New Media Dan Pengaruhnya Dalam Komunikasi Politik Sebagai Upaya Untuk Menciptakan Integrasi Nasional. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Politik Dan Kewarganegaraan, 255–259

Bukhori, Puput Sriyuni, Asep Hidayat, Ilham. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Line Messeger Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JP2EA, 3 (2) 174-185

Dewi, Misla, Rita Kalalinggi, dan Sudarman. (2018). Efektivitas Penggunaan Group Line Sebagai Media Koordinasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Sketsa Universitas Mulawarman Samarinda. eJournal lmu Komunikasi 6(3), 55–69.

Nathan, A. J., & Scobell, A. (2012). How China sees America. Foreign Affairs 91(5), 1689–1699

Nova, Sari Puti, Muhammad Firdaus. (2018). Efektivitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT.Pos Indonesia (Persero) Kota Pekanbaru. JOM Fisip 5 (1) 1-11

Panuju, Redi. (2019). Strategi Komunikasi Politik Tokoh Puri Ubud Dalam Mempertahakan Eksistensi Dan Tradisi Bali. Komuniti 11 (1) 78-84

Pradana, Yudha. (2017). Peranan Media Sosial Dalam Pengembangan Melek Politik Mahasiswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14 (2), 139.

Ratnamulyani, Ike Atikah dan Beddy Iriawan Maksudi. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora Journal of Sosial Science And Humanities, 20 (2), 154–161

Subchan, Nur, Endang Siti Astuti, Kertahadi. (2012). Mengukur Efektivitas Sistem Informasi dan Mengetahui Kesuksesan Portal Akademik (SIAM) On-Line (Studi Kasus Terhadap Pengguna di Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 6 (2), 117–134.

Susanto, Eko Harry. (2017). Media Sosial Sebagai Pendukung Jaringan Komunikasi Politik. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 379-398.

Syobah, Nurul. (2012). Peran Media Massa Dalam Komunikasi Politk. Jurnal Komunikasi Dan Sosial Keagamaan XV(1), 13–24.

Tabroni, Roni. (2012). Etika Komunikasi Politik dalam Ruang Media Massa. Jurnal Ilmu Komunikasi 10 (2), 105–116.

Yasir. (2014). Kekuatan Media Massa Dalam Komunikasi Politik : Internet Sebagai Sebuah Alternatif. Prosiding Seminar Besar Nasional Komunikasi ISKI (Komunikasi @ 2014 Komunikasi dan Pemulihan Umum 2014: Persiapan, Pelaksanaan, dan Masa Depan), 286–293.

Article Metrics

Abstract view(s): 799 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 845 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.