Improving Reading Comprehension Skills to Solve Text Problems of Elementary School Students
Nanda Anggun Wahyu Cahyani(1*), Fitri Puji Rahmawati(2), Adolph Ian A. Dela Torre(3)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
(3) Prenza National High School, Marilao,
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrianti, M. N., & Marlina. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Strategi Probing-Promptingbagi Anak Berkesulitan Belajar. Journal Basicedu, 5, 272–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653
Almadiliana, Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 57–65. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia
Anwar, W. S., Handayani, R., & Gani, R. A. (2022). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Elementary, 5, 76–81. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67
Astuti, P., Mumpuni, A., & Pranoto, B. A. (2019). Pengaruh Minat dan Kemampuan Membaca Peserta Didik dalam Memahami Teks Bacaan. Jurnal Kontekstual, 01, 26–32. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i01.55
Basuki, I. A. (2012). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional dan Tes Lokal. Jurnal Bahasa Dan Seni, 2, 202–212. http://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/164
Boliti, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 1 Lumbi-Lumbia Melalui Metode Latihan Terbimbing. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2, 12–23. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2831/1924
Gilakjani, A. P. (2016). How Can Students Improve Their Reading Comprehension Skill? Journal of Studies in Education, 6, 229–240. https://doi.org/10.5296/jse.v6i2.9201
Inawati, & Sanjaya, M. D. (2018). Kemampuan Membaca Cepat dan Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri OKU. Jurnal Bindo Sastra, 2, 173–182. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i1.927
Kandupi, A. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf dengan Teknik Membaca Intensif di SD Negeri Bambalo. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8, 241–255. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3482
Kaniati, M., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Teks Nonfiksi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 100–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12709
Kedang, M. K., & Bani, B. S. (2021). Perilaku Awareness Kelas V SD Dalam Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7, 74–80. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p74-80
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 29–42. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal EDUMA TADRIS MATEMATIKA, 3, 52–62. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Magrifah, Maidiyah, E., & Suryawati. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Niswati, F. I., & Sayekti, I. C. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 7, 1–14. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/9128
Pabriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3, 28–35. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340
Pingge, H. D., & Wangid, M. N. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2, 146–167. https://www.neliti.com/publications/71489/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-siswa-sekolah-dasar-di-kecamatan-kota-tam
Saputri, E. Y., Sundari, R. S., & Arifin, Z. (2019). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas II C Sekolah Dasar Negeri Gisikdrono 02 Semarang. Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA), 1, 67–77. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article
Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7, 74–82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/
Smith, R., Snow, P., Serry, T., & Hammond, L. (2021). The Role of Background Knowledge in Reading Comprehension: A Critical Review. Journal Reading Psychology, 42, 214–240. https://doi.org/10.1080/02702711.2021.1888348
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 2, 1–29. https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10096
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1, 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Article Metrics
Abstract view(s): 628 time(s)PDF: 572 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.