Pengukuran Greenship New Building Ver. 1.2 pada Bangunan Baru Rumah Atsiri Indonesia (Final Assessment)

Irfan Ardhiansyah(1*), Ronim Azizah(2)

(1) Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Prodi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Green Building merupakan salah satu gagasan solutif untuk mengurangi dampak isu pemanasan global di era industri saat ini, sehingga menjadi tuntutan untuk diterapkan dalam desain arsitektur. Setidaknya perencanaan dan perancangaan dengan gagasan green building mampu merubah iklim mikro menjadi lebih baik. Di lingkup Indonesia, green building tengah menjadi tren dalam perancangan desain arsitektur yang beriringan dengan tumbuhnya kesadaran terhadap sertifikasi bangunan hijau oleh organisasi non-profit Green Building Council Indonesia (GBCI). Penelitian ini bertujuan untuk menilai berdasarkan standar bangunan hijau sebuah bangunan bersejarah di Tawangmangu yang telah dikonservasi dengan konsep optimal, efisien dan fungsional, yakni Rumah Atsiri Indonesia. Penelitian ini menerapakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan paramater Greenship New Building ver. 1.2  yang telah disediakan oleh GBCI. Hasil penilaian yang telah dilakukan untuk setiap kategori adalah, Tepat Guna Lahan (ASD: 10 poin), Konservasi Energi (EEC: 3 poin), Konservasi Air (WAC: 3 poin), Siklus Material (MRC: 7 poin), Kenyamanan dalam Ruang (IHC: 3 poin), dan Manajemen lingkungan (BEM: 0 poin), sehingga total keseluruhan poin yang didapatkan Rumah Atsiri Indonesia adalah 26 poin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gedung baru di kawasan Rumah Atsiri Indonesia belum layak dinyatakan sebagai green building karena belum memenuhi poin minimal yang disyaratkan Green Building Council Indonesia (GBCI).

Keywords

Green Building, Greenship, Rumah Atsiri Indonesia

Full Text:

PDF

References

GBCI. 2013. Certification.[Online] Tersedia di: http://gbcindonesia.org/greenship/certification[Diakses 21 Oktober 2018].

Web GBCI. 2013. Greenship NB V1.1. [Online] Tersedia di:

http://gbcindonesia.org/greenship/ratingtools/download/cat_view/4-greenship/5greenship-new-building[Diakses 3 Oktober 2018].

We. 2015. Greenship NB V1.2.[Online] Tersedia di: http://gbcindonesia.org/greenship/ratingtools/download/cat_view/4-greenship/5greenship-new-building[Diakses 3 Oktober 2018].

Thaib, Hiramsyah S. 2010. Ruang.[Online] Tersedia

di: http://akudanruang.files.wordpress.com/2010/10/ruang-2-hi-res.pdf[Diakses 21 Oktober 2018].

Rumah Atsiri Indonesia, 2018. Rumah Atsiri. [Online] Tersedia di: www.rumahatsiri.com[Diakses 9 Oktober 2018].

Article Metrics

Abstract view(s): 1899 time(s)
PDF: 1755 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.