MANFAAT IMPLEMENTASI SURAT AL-INSYIRAH AYAT 5-6 ALQURAN TERHADAP SIKAP HARDINESS PENYANDANG DISABILITAS DI BALAI BESAR REHABILITASI SOSIAL BINA DAKSA (BBRSBD) SURAKARTA

Ajeng Nova Dumpratiwi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami sikap hardiness pada penyandang disabilitas dalam menghadapi kehidupan dengan kondisi fisik yang berbeda dengan kebanyakan orang. Penyandang disabilitas memiliki permasalahan terkait dengan kondisi fisik yang berbeda dengan sebagian besar orang lainnya. Kondisi yang berbeda ini dianggap sebagai kesedihan yang tidak akan emninggalkan penyandang disabilitas. Pola pikir tersebut mejadi jebakan sehingga mereka tidak memiliki pandangan atau harapan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pola pikir tersebut membawa penyanadang disabilitas tidak bersemangat atau kekuatan untuk menjalani hidup dan mencapai kesejahteraan kehidupan yang lebih baik. Maka seharusnya perlu sebuah sudut pandang baru untuk menyikapi keadaan yang tidak nayman tersebut agar penyandang disabilitas dapat merespon dan bersikap lebih adaptif. Hasil penelitian ini   menunjukkan pola-pola peningkatan sikap hardiness penolakan keadaan, penilaian negative terhadap eksistensi diri, mencari pembanding, pengenalan diri, mendapatkan apresiasi dan respon positif terhadap dirinya, internalisasi makna QS Al-Insyirah ayat 5 dan 6, dan kemampuan optimis terhadpa kehidupan yang akan datang. Menurut konsep yang dipaparkan dalam makna QS Al-Insyirah ayat 5 dan 6, terlihat bahwa kemampuan strategi memaknai keadaan dengan prinsip bahwa “sesudah kesulitan akan ada kemudahan” diperlukan untuk membantu memunculkan sikap hardiness untuk menjalani hidup dan bersemnagat dalam menjemput kesejahteraan yang lebih baik pada penyandang disabilitas.

Keywords

Al-Insyirah, hardiness, disabilitas

Full Text:

PDF

References

Ansyah, E. H., Muassamah, H., & Hadi, C. (2019). Tadabbur Surat Al-Insyirah untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.15575/jpib.v2i1.3949

Dumpratiwi, Ajeng Nova. (2019). Pelatihan Strategi Mulur-Mungkret untuk Meningkatkan Penerimaan Diri pada Penyandang Disabilitas Post Natall di BBRSBD Prof.Dr. Soeharso Surakarta. Tesis: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Bartone, P. T. (2006). Resilience Under Military Operational Stress: Can Leader Influence Hardiness?. Journal of Military Psychology.18. 131-148.

Bastaman, H. D. (1996). Meraih Hidup Bermakna Kisah Pribadi dengan Pengalaman Tragis. Jakarta: Paramadina

______________. (2001). Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______________. (2007). Logoterapi: Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup Dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ivancevich, J.M., Matteson, M.T. (2007). Perilaku Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Kreitner, R., Kinicki, A. (2005). Perilaku Organisasi (Organizational Behaviour) Edisi 5. Jakarta: Prenhallindo.

Moorhead, G., Griffin, R.W. (2010). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiarto, Ryan. (2015). Psikologi raos: Saintifikasi Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram. Yogyakarta: Pustaka Ifada

Article Metrics

Abstract view(s): 2930 time(s)
PDF: 641 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.