METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ISY KARIMA KARANGPANDAN KARANGANYAR (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH TAHFIDZUL QUR’AN)

Syahrur Rizqi Hidayatullah(1*), Saifuddin Saifuddin(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Pondok Pesantren Isy Karima Karangpandan adalah salah satu Pondok Pesantren yang menitik beratkan Al-Qur’an pada materinya. Sehingga Pondok Pesantren Isy Karima Karangpandan memiliki program menghafal Al-Qur’an atau lebih dikenal dengan Tahfidzul Qur’an. Melihat hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang metode Tahfidz Al-Qur’an di Kabupaten Karanganyar

Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Metode yang digunakan Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an dalam menghafal Al-Qur’an adalah dengan Metode menghafal sendiri serta dalam menghafal Al-Qur’an menggunakan sistem satu hari satu halaman. Pelaksanaan Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Isy Karima Karanganyar (Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an)  tahun 2019 antara lain: 1) Setoran Hafalan baru kepada Musyrif, 2) Muraja’ah hafalan kepada Musyrif masing-masing halaqah, 3) Ujian Tahfidz. Kedua, Faktor penghambat dalam pelaksanaan metode tahfidz Al-Qur’an studi kasus Madrasah Aliyah Tahfidzul Qur’an, yaitu: kemalasan, kurang dukungan orangtua dan jadwal hafalan bertabrakan dengan kegiatan lain. Sedangkan solusinya, yaitu: memotivasi diri dan management waktu.

Keywords

Metode, Tahfidzul Qur’an, Musyrif

Full Text:

PDF

References

Abd Al Azhim Al Mundiziri, Hafidz Al Dini. 2002. Mukhtashar Shohih Muslim. Bandung: Mizan

Abdul Fattah Az-Zawawi, Yahya. 2010. Revolusi Menghafal Al Qur’an, cara menghafal, kuat hafalan dan terjaga seumur hidup. Terj Dinta. Surakarta: Insan Kamil.

Al Fadli bin Baromi, Abdulloh bin Abdurrohman. Sunan Al-Darimi. Daar al-Fikr

Al-Ghautsani, Yahya Abdurrozaq. 2011. Kaifa Tahfadzul Qur’anul Karim. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i

Al Khottan, Manna., 2006. Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Trj. Aunur Rofiq El Mazni. Jakarta Timur: Pustaka Al Kautsar. Cet. I

Basith, Abdul. , 2017, Model Hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nur Medina. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah

Firdaus, Fitriana. 2017. Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al Qur’an.Studi atas buku “ Metode Ilham: Menghafal Al Qur’an serasa Bermain Game” karya Lukman Hakim dan Ali Khosim. Ejournal.uin-suka.ac.id ( UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Vol. 18, No 2

Hambal, Ahmad. Musnad Ahmad. Daar al-Fikr

Hermawan, Acep., Ulumul Al-Qur’an. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayah, Nurul., 2016. Strategi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di lembaga pendidikan. Journal Ta’allum

Isa, Abu Isa Muhammad. Sunan Al Tirmidzi. Daar al-Fikr

J. Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya

Keswara, Indra. 2017. Pengelolaan pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Al Qur’an ) di Pondok pesantren Al Husain Magelang. Journal.student.uny.ac.id ( Universitas Negri Yogyakarta). Vol. 6, No 2,

Majid, Abdul., 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Muhdir. 2018 Sistem Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Metode Al-Qosimi di sekolah dasar Islam Al-Mujahidin Cilacap. Purwokerto: IAIN Purwokerto

Muslimin, Achmad. 2015. Implementasi Metode Halaqoh & Resitasi dalam Tahfidz Al-Qur’an di SDIT EL- Haq Banjarsari Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1, No. 1

Muthoifin. 2016. Pembelajaran Tahfidz AL Qur’an di Madrasah Aliyah Tahfidz Nurul Iman Karanganyar & Madrasah Aliyah Al Kahfi Sragen. Jurnal Studi Islam. Vol. 17, No. 2.

Nashirudin Al Bani, Muhammad., 2003. Mukhtashar Shohih Muslim. Pustaka Azzam

Novitaasri, Desi. 2013. Efektivitas metode ODOA(One Day One Ayat) dalam menghafal Al-Qur’an kelas IV SDN Karangtengah 02 Weru Sukoharjo. Yogyakarta : UIN sunan Kalijaga

Rahadi, Rahmad. 2009 . Metode Tahfidz AL Qur’an sebagai Progam Ibtidaiyah. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Satori, Djaman. Komariah, Aan. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sulaiman, Abu Daud. Sunan Abu Daud. Daar al-Fikr

Susianti, Cucu. ( 2016. Efektivitas Metode Talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al Qur’an pada anak usia dini. STKIP Journal/Tunas Siliwangi. Vol. 2, No. 1.

Suyono., 2017. Belajar dan pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Tim Penyusun Kamus. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka

Wajdi, Farid., 2008. Tahfidz Al Qur’an dalam kajian ulumul Qur’an(Studi atas berbagai metode tahfidz. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Warson M, Ahmad. 1997. Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya : Pustaka Progressif.

Yazin Al Qozwimi, Abu Abdulloh Muhammad. Sunan Ibnu Majah. Daar al-Fikr

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia

Zainudin, Imam. 2001. Mukhtashar Shohih Bukhori. Bandung: Mizan

Article Metrics

Abstract view(s): 897 time(s)
PDF: 263 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.