MODEL PEMBINAAN KOMPETENSI AIK GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH PONOROGO

Rohmadi Rohmadi(1*), Bambang Wahrudin(2), Wawan Kusnawan(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Pendidikan adalah salah satu pilar dakwah persyarikatan Muhammadiyah. Ibarat kata menjadi primadona bagi masyarakat jika membicarakan pendidikan Muhamamadiyah. Karena tak sedikit sekolah/Madrasah Muhammadiyah yang mampu menceatak alumni dengan kualitas yang baik sehingga kebermanfaatanya sangat dirasakan oleh masyarakat. Namun demikian, tidak semua sekolah/madrasah Muhammadiyah mampu menjadi lembaga pendidikan Islam yang unggul, melainkan banyak diantaranya yang dalam ekeadaan memprihatinkan. Muhammadiyah Ponorogo setidaknya memiliki 8 (delapan) madrasah tsanawiyah (MTs) atau setingkat dengan sekolah menengah pertama (SMP). Delapan MTs yang ada tersebut secara kuantitas siswa mayoritas tidak mencapai 100 siswa dalam satu sekolah. Hanya satu sekolah yang jumlah muridnya lebih dari 100 siswa yaitu MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo. Hal tersebut menjadi menarik untuk dilakukan penelitian bagaimana model pembinaan AIK guru yang ada di lembaga-lembaga tersebut mengingat bahwa maju mundurnya lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Sedangkan sebagai lembaga pendidikan Muhammadiyah Mengingat bahwa Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) merupakan menjadi indickator utama bagi kompetensi kepribadian dan kompetensi socsial bagi guru yang ada di sumber daya manusia yang ada di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis model pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) guru di MTs Muhammadiyah yang berada di Ponorogo. Dengan Selain mengetahui model pembinaan AIK para guru juga akan dapat disimpulkan silabus dangambaran materi pembinaan AIK yang diterapkan di bagi guru SMP dan MTs Muhammadiyah se-Ponorogo sehingga yang mampudapat menjadi referensi bagi seluruh pengembangan Sekolah/Madrasah Muhammadiyah yang jugadalam mengemban misi dakwah Muhammadiyah mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

 

Keywords

Model Pembinaan; guru; AIK; Al-Islam, Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

. P. (2013). Guru Dan Kompetensi Kepribadian. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1074–1088. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2066

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).

Amrulah, A. K. (2016). PEMBINAAN SPIRITUALITAS GURU DAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 BANJARMASIN. Prosiding Seminar Nasional PS2DM UNLAM, 2(2), 18–23.

Arifai, A. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.21

Aritaningsih, R. (2018). Peran Guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. In Tajdida (Vol. 16, Issue 1, pp. 38–53).

Chatib, M. M. (n.d.). Manajemen Guru Model Guardian Angel Menurut Munif Chatib. II(2), 85–108.

Ferdiansyah, M. (2015). Dasar penelitian kualitatif (I. B. Rangka (ed.)). Herya Media.

Herdiyanto, S. (2020). Telaah Buku PHIWM ) Muhammadiyah Teacher Personality (PHIWM Book Review ). Alhamra, 1(2), 148–159.

Lase, F. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Jurnal PPKn Dan Hukum, 11(1), 36–66.

Muhammadiyah, P. (2000). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. In Pimpinan Pusat Muhamamdiyah. Suara Muhammadiyah.

Muhammadiyah, P. (2005). Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah.

Rosyidatul Afifah, Heni Rahmawati, Risma Aulia Inayah, D. H. (2021). Jurnal CONTEMPLATE PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN GURU DI SD MUHAMMADIYAH BENDO KALIBAWANG KULON PROGO , DIY Fakultas Agama Islam , Universitas Ahmad Dahlan , Indonesia Fakultas Agama Islam , Universitas Ahmad Dahlan , Indonesia Fakultas Agama Isla. Jurnal CONTEMPLATE, 2(01), 43–54.

Rusdiana Husaini. (2018). Pembinaan Profesionalisme Guru. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmaih Pendidikan Agama Islam, 8(2), 1–15.

Sinta Listani. (2016). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSFEKTIF ISLAM (Studi Pemikiran Nasih ‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād). TAZKIYA, V(2), 11–40.

Tafsir, A. (1994). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Tjahbolo, S. A. (2018). Manajemen Pendidikan Islam. In A. Erwinsyah (Ed.), Pustaka Cendekia. Pustaka Cendekia.

Wahyu Hidayat. (2005). MANAJEMEN PEMBINAAN KOMPETENSI GURU MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN Wahyu Hidayat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 28(1), 21–39.

Article Metrics

Abstract view(s): 76 time(s)
PDF: 54 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.