MODEL PROGRAM UNGGULAN DI MADRASAH ALIYAH DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO

Nurul Fatqur Rohmah(1*), Zaenal Abidin(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Program unggulan merupakan salah satu upaya sekolah dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan. Sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas yang berlandaskan pada inovasi dan kekreatifan pengelolaan sekolah yang dinamis, energik serta penuh gagasan. Sekolah memiliki peran penting dalam melahirkan lulusan-lulusan yang berkualitas dan berdaya saing Mampu berdaya saing dalam proses pendidikan akademik maupun Non Akademik sehingga mewujudkan siswa yang berprestasi.

Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang unggul. Dalam rangka menghasilkan lulusan yang unggul itu maka dituntut proses belajar-mengajar yang unggul juga menyelenggarakan program madrasah yang biasa disebut program unggulan. Dengan demikian program kelas khusus menjadi perwujudan dari tujuan tersebut. Karena Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo merupakan salah satu sekolah yang berhasil mengembangkan program kelas khusus baik dalam bidang dakwah, tilawah, maupun kesenian kaligrafi dan hadroh.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana model program unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019, dan Bagaimana implementasi program unggulan di Madrasah Aliyah Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.

            Tujuannya untuk mengetahui dan mendeksripsikan: 1) Model program unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Implementasi program unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Pelajaran 2018/2019.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deksriptif analisis, dengan penarikan kesimpulan menggunakan metode deduktif yang berangkat dari kejadian-kejadian umum kemudian direduksi menjadi bagian-bagian khusus.

            Hasil penelitian ini adalah: Pertama, dalam upaya meningkatkan kualitas peserta didik Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo menyediakan program kegiatan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik baik untuk menggali minat ataupun untuk mengoptimalkan minat dan bakat. Adapun model program unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo adalah diwujudkannya program kelas khusus. Upaya sekolah dalam mengembangkan dan memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi melalui program madrasah. Beberapa program unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo diantaranya,Pertama program kartu hijau, kedua program lughoh, ketiga program muhadhoroh dan terakhir program kelas bina bakat (binkat kaligrafidan binkat hadroh). Kedua, Pelaksanaan program unggulan di Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo berimplikasi baik, didukung dan diterima warga madrasah dengan baik khususnya bagi peserta didik Madrasah Aliyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo sebagai sasaran program. Terbukti dengan adanya pencapain target dalam masing-masing program.  Untuk program Kartu Hijau yang pelaksanannya setiap satu semester madrasah telah menetapkan KKM pada standar penilaian kartu hijau. Kedua Program Lughoh, kegiatan utama dari program ini adalah penambahan materi dasar bahasa arab dan bahasa inggris yang pelaksanaannya setiah hari sebelum KBM dimulai. Ketiga Program Muhadhoroh merupakan kegiatan untuk mengembangkan intelektual berdakwah peserta didik dan mengembangkan kemampuan berpidato 4 bahasa yang dilakukan 2 kali dalam satu bulan. Keempat Kelas bina bakat kaligrafi dan hadroh. Kedua program ini menjadi icon bagi madrasah sehingga banyak dikenal oleh masyarakat luas wilayah Ponorogo melalui prestasi yang dicapainya. Baik prestasi yang diraih dalam tingkat provinsi maupun nasional.

Keywords

Model, Program Unggulan

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. Istanto, dkk. 2018. Pedoman Penulisan SKRIPSI Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Agama Islam

Ali, Muhammad. Istanto. 2018. Managemen Sekolah Islam. Surakarta: Univeritas Muhammadiyah 1 surakarta.

Badrujaman, 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program, Jakarta:Indeks.

Bafadal, Ibrahim. 2009. Managemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar dari Sentralisasi Menuju Sentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Fattah, Nanang. 2013. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hakim, Lukman. 2010. Metodologi Penelitian. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamidi. 2011. MetodeaPenelitian Kualitatif, Malang: UMM Press.

Herdiansyah Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Hermino, Agustinus. 2017. Managemen Berbasis Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Ikbal Barlian. 2013. Managemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Kurnia, Adi dan Bambang Qomaruzzaman. 2012. Membangun Budaya Sekolah. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Kompri. 2011. Managemen Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mahmud. 2011.aMetodeaPenelitianaPendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.

Mulyasa, Dedy. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugiantoro, Burhan. 2010. Dasar-Dasar Pengembangan Sekolah. Bandung: Sinar Algasindo.

Usman, Husein. 2010. Managemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.a2013. MetodeaPenelitianaPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TaliaZidahuaNdraha. 2010. Research Teori,aMetodologi, Administrasi, Jakarta: Bina Aksara.

Yoyon Bahtiar Irianto, 2011. Kebijakan Pembaharuan Pendidikan .Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zamroni. 2011. Dinamika Peningkatan Mutu Pendidikan.Yogyakarta : Gavin Kalam Utama.

Zamroni. 2016. Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Jurnal Ilmiah:

Akmin Sugiantoro.. 2017. Implementasi Rintisan Madrasah Unggulan di MA Negri Yogyakarta 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Vol 6 Nomer 2.

Ana Retna Mutia. “Dinamika Sistem Pendidikan SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen”.Skripsi Prodi Pendidikan Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Cepi Safruddin AJ. 2017. “Komponen Inovasi Program Sekolah Unggul”. Jurnal Kependidikan. Volume.

Hendrizal.“Menggagas Pengembangan Program Sekolah Unggul”.Universitas Bung Hatta. Padang.

Fitriani. 2009. “Program Sekolah Unggul”. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. Volume 1 Nomor 2.

Peraturan Perundangan:

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Nomor 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Pendidikan Nasional 2010-2014

Status Website :

https://kbbi.web.id. Diakases pada 5 maret 2019

Article Metrics

Abstract view(s): 188 time(s)
PDF: 106 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.