KOMPARASI SISTEM MONETER EKONOMI KAPITALISME DAN EKONOMI ISLAM

Aries Indrianto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Berbagai kasus mutakhir krisis ekonomi global yang berulang –terutama krisis moneter (keuangan)– membuat banyak pakar ekonomi keuangan dunia sekarang ini berusaha mencari desain baru sistem moneter yang tahan banting dan tidak mudah mengalami krisis.Sepanjang sejarahnya selama 1.400-an tahun, negara Khilafah Islam –secara umum– menjadikan sistem moneternya berbasis bimetal currencies (dinar emas dan dirham perak). Dan dijumpai fakta bahwa dinar-dirham memiliki relevansi sebagai currency (mata uang) yang paling stabil dan cukup tangguh dalam sistem moneter.Berbeda dengan Kapitalisme yang menjadikan sistem moneternya berbasis fiat money yang mata uangnya tidak memiliki nilai intrinsik, dan hanya sekedar berdasar kepercayaan kepada institusi keuangan yang menerbitkannya.Sistem moneter kapitalisme yang saat ini diterapkan oleh mayoritas negara di dunia baru berusia sekira 240 tahun.Tapi dalam rentang waktu tersebuttelah puluhan kali mengalami krisis moneter yang berdampak pada hancurnya perekonomian suatu negara bahkan kemudian berimbas kepada negara-negara lain di dunia, dan tentu membuat kehidupan masyarakat dunia terpuruk.

Keywords

kunci: moneter, uang, emas, perak, fiat money.

Full Text:

PDF

References

Buku

A. Saifullah (ed.). 2009.Menyongsong Sistem Ekonomi Anti Krisis, Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Adiwarman Azwar Karim. 2007.Ekonomi Mikro Islami, Edisi Ketiga, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Adnan Khan.2008.Kapitalisme di Ujung Tanduk [Tinjauan atas Krisis Kredit Global, Krisis Minyak, Krisis Pangan, dan Bagaimana Sistem Ekonomi Islam Mengatasinya], Terj. MR Adhi, Bogor: Pustaka Thariqul Izzah.

Faried Wijaya M.2000.Seri Pengantar Ekonomika, Ekonomikamakro,Edisi Ketiga, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

M. Luthfi Hamidi. 2007.Gold Dinar Sistem Moneter Global yang Stabil dan Berkeadilan, Jakarta: Senayan Abadi Publishing.

Muhaimin Iqbal. 2009.Dinar The Real Money: Dinar Emas, Uang dan Investasiku, Jakarta: Gema Insani.

Muhaimin Iqbal. 2007.Mengembalikan Kemakmuran Islam dengan Dinar dan Dirham, Depok: Spiritual Learning Centre - Dinar Club.

Muhammad Ismail Yusanto dan M. Arif Yunus.2009.Pengantar Ekonomi Islam, Bogor: Al-Azhar Press.

Nopirin.2000.Ekonomi Moneter, Buku I Edisi Keempat, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Nurul Huda, dkk.2008.Ekonomi Makro Islam Pendekatan Teoretis,Jakarta: Kencana.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional,.2007.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Lain-lain

Aries Indrianto.2012. Studi Komparasi Sistem Dan Kebijakan Moneter Ekonomi Kapitalisme Dan Ekonomi Islam.Skripsi.IAIN Purwokerto.

Eramuslim. 2008. Pemenang Nobel: Matinya Model Kapitalisme AS, http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/pemenang-nobel-matinya-model-kapitalismen-as.htm#.WCqYvdJ95H0 Diakses 15 November 2016.

Fiki Ariyanti. 2016. Donald Trump Bikin Rupiah Ambles terhadap 4 Mata Uang Ini. http://bisnis.liputan6.com/read/2652767/donald-trump-bikin-rupiah-ambles-terhadap-4-mata-uang-iniDiakses 16 November 2016.

Imam Haryadi. 2002.The Concept of Money in Islamic Perspective (A Historical Approach Analysis).Thesis.Darussalam Institute of Islamic Studies Gontor Ponorogo.

Investopedia.Seigniorage.http://www.investopedia.com/terms/s/seigniorage.asp Diakses 15 November 2016.

Rosa Brooks. 2008. Who's a basket case now?.http://articles.latimes.com/2008/sep/18/opinion/oe-brooks18 Diakses 15 November 2016.

The Economist. 2008.Barbarians at the Vault. http://www.economist.com/node/11376185Diakses 15 November 2016.

Article Metrics

Abstract view(s): 1446 time(s)
PDF: 431 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.