PESANTREN: REALITAS PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL INDONESIA
Imam Sukardi(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pesantren merupakan sebuah kehidupan yang unik, sebagaimana dapat disimpulkan dalam kehidupan lahiriahnya. Pesantren adalah sebuah kompleks dengan lokasi yang umumnya terpisah dari kehidupan sekitarnya. Pesantren memiliki tradisi sejarah yang sangat panjang. Oleh karena itu situasi dan peranan lembaga-lembaga pesantren dewasa ini harus dilihat dalam hubungannya dengan perkembangan Islam dalam jangka panjang, baik di Indonsia maupun di negara-negara Islam pada umumnya. Perkembangannya di Indonesia yang sedemikian ini masih terus berlangsung pesat, karena Indonesia merupakan tempat konsentrasi ummat Islam yang terbesar di dunia
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dhofir, Zamakhsyari Tradisi Pesantren, LP3ES, Jakarta, 1992
Dzofir, Zamakhsyari, Artikulasi Nilai-nilai Keagamaan, dalam Kompas, 9 April 1996
Kompas, Sistim Pendidikan Pesantren Selayaknya di Lestarikan, Kompas, 7 Desember 1984
M. Ahmad, Anas, Dakwah Pesantren dan Pluralisme Bangsa, dalam Majalah Rindang, No. 3 TH. XXV Oktober , Depag. Jateng, 1999
Noer, Deliar, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, LP3ES, Jakarta, 1980
Steebrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, LP3ES, Yogyakarta, 1974.
Simuh, Sistim Pendidikan Pesantren dan Madrasah dalam Agama dan Masyarakat, IAIN Sunan Kalijaga Press, Yogyakarta, 1993
Wachid, Abdurrahman, Pesantren Sebagai Sub-Kultur, dalam Menggerakkan Tradisi, LP3ES, Yogyakarta, 2001
Article Metrics
Abstract view(s): 492 time(s)PDF: 673 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.