MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN SANTRIWATI PONDOK PESANTREN ISLAM AL-MUKMIN SUKOHARJO

Nurul Latifatul Inayati(1*), Aisyah Safina(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana manajemen pembelajaran tahfizhul Qur’an serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam manajemen pembelajaran santriwati Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Sukoharjo.  Sehingga tujuannya untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran yang diterapkan di Ponpes Islam Al- Mukmin dan untuk mengidentifikasi faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam manajemen pembelajaran tersebut.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif fenomenologis tentang manajemen pembelajaran tahfidzul Qur’an santriwati Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Sukoharjo. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari sekolah. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode deduktif yang berangkat dari kejadian-kejadian umum kemudian direduksi menjadi bagian-bagian khusus.

Berdasarkan temuan temuan data dapat diambil kesimpulan bahwa Ponpes Islam Al-Mukmin Sukoharjo memiliki manajemen pembelajaran yang baik meliputi perencanaan materi, alokasi waktu, metode, dan penilaian yang baik dan tersistem. Pengorganisasian melalui kegiatan pembagian tanggung jawab yang tersusun dalam struktur organisasi. Pelaksanaan pembelajaran yang terencana, dan evalusi pembelajaran melalui ujian lisan dan tulis. faktor pendukung manajemen pembelajaran yaitu memiliki motivasi yang kuat sebagai penghafal al-Qur’an, waktu yang memadai untuk hafalan. Adapun faktor penghambatnya antara lain adalah kurangnya muraja’ah dan keterbatasan kecukupan pembimbing dalam memberikan bimbingan.

Keywords

Manajemen Pembelajaran, dan Tahfizhul Qur’an

Full Text:

PDF

References

Almanshur, Fauzan, dkk. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media

Baduwailan, Ahmad. 2016. Menjadi Hafizh Tips Dan Motivasi Menghafal Alqur’an, Solo: Aqwam.

Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka cipta.

Emzim.2016. Metodologi Penelitian KualitatifAnalisis Data.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasanah, Aan.2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Pustaka Setia.

Humas PPIM. 2018. Sekilas Profil Pondok Pesantren Islam Al- Mukmin. Sukoharjo: Humas PPIM

Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Machali, Imam, dkk. 2016. Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Penggelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Malik, Oemar. 2008. .kurikulum dan pembelajar. Jakarta: Bani Aksara

Muhaimin. 2009. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mularsih, Heni. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Munawwir, Ahmad Warson. 1984. Kamus Al- Munawwir Arab- Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif

Muri, Yusuf. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mustari, Mohammad. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Nara, Hartini, dkk. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Noor Benty, Djum-Djum, dkk. 2017. Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Rumudi, Sukandar. 2006. Metode Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Al- Qur’an. Jakarta; Gema Insani.

Saefullah. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta

Syaifurrahman. 2013. ManajemenDalamPembelajaran. Jakarta; Index

Triwiyanto, Teguh. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Wafa, Khalid Abu . 2013. Cepat & Kuat Menghafal Al- Qur’an. Solo:Aslam

Zahroh, Aminatul.Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru.2015. Bandung: Yrama Widya.

Jurnal Ilmiah

Hafidz, Muhammad. 2017. “Pelaksanaan Program Tahfidz Al- Qur’an di Pondok Pesantren Ar- Riyadh Ulu 13 Palembang.”Skripsi UIN Raden Fatah Palembang.diunduh pada hari Selasa, 18 September 2018.

Keswara, Indra. 2017. “Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Al-Husain Magelang.” Jurnal Hanata Widya. Volume 6 Nomor 2. diunduh pada hari Selasa, 18 September 2018.

Oktafilasari, Rista. 2017. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MA Al- Ma’had An-Nur Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta.” Skripsi IAIN.diunduh pada hari Selasa, 18 September 2018.

Saputri Renny, Dikka. 2017. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an Kelas X Agama Man Sukoharjo.” Skripsi IAIN. diunduh pada hari Senin, 17 September 2018.

Umar. 2017. “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an di SMP Lukman Al- Hakim.” Jurnal Tadarus:Pendidikan Islam. Vol 6.No. 1.diunduh pada hari Selasa, 18 September 2018.

Keputusan Pemerintah

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Undang- Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang- Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Situs Website

http//www.almukmin-ngruki.com.

Article Metrics

Abstract view(s): 918 time(s)
PDF: 1036 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.