NILAI BUDAYA JAWA DAN PERILAKU NAKAL REMAJA JAWA
(1) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia
(2) Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.23917/indigenous.v9i1.1653
Abstract
Dugaan awal yang dikemukakan pada penelitian ini adalah ada hubungan antara nilai budaya Jawa dengan perilaku nakal pada remaja Jawa. Mereka adalah siswa SMA TAMAN MADYA yang berada di jalan Taman Siswa Yogyakarta. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja dengan rentang usia 17 sampai dengan 20 tahun dan berada pada tingkat 11 dalam jenjang pendidikan tingkat atas. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini berjumlah 95 orang. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah metode purposive sampling.
Skala yang digunakan adalah skala nilai budaya Jawa yang disusun sendiri oleh penulis berdasarkan teori dari Taryati,dkk (1995) mengenai konsep nilai budaya Jawa yang ada dalam keluarga dan skala kenakalan remaja yang disusun berdasarkan teori Jansen (Sarwono, 2002). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis product moment dari Pearson dengan menggunakan fasilitas SPSS versi 14.00 for windows. Hasil analisis menunjukkan rxy2 = -0.475 dengan p = 0.000 (p<0.05) yang artinya ada hubungan yang negatif antara nilai budaya Jawa dengan perilaku nakal pada remaja Jawa
Full Text:
PDFReferences
Atmoko, S & Setiono, K. (2004). Nilai Anak, Identitas Vokasional, dan Gaya Pengasuhan Pada Petani Pesanggem (Penggarap Lahan Hutan) Di Masyarakat Pinggiran Hutan Zona Penyangga Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Studi Perspektif Psikologi Perkembangan Antar Generasi). Bandung. Jurnal Psikologi. Vol.13. No.1. Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.
Azwar, S. (1986). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta. Liberty.
——. (1999). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
——. (1999). Skala Penyusunan Psikologi. Yogyakarta. Pustaka
Pelajar.
——. (2005). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baron, R.A. & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta:
Erlangga.
Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Dimyati. (2003). Perbedaan Orientasi Tujuan Berprestasi Belajar
Pendidikan Jasmani Antara Etnis Jawa dan Tionghoa. Jurnal
Psikologika, Volume. 8, No.15.2003. Fakultas Psikologi
Universitas Islam Indonesia.
Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. Psikologi
Perkembangan; pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Geertz, H. (1983). Keluarga Jawa. Penerjemah: Hesri. Jakarta : Grafiti Press.
Hadi, S. (2002). Metodologi Penelitian Jilid I. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Harian Merapi. Masih Banyak Pelajar Mbolos. Merapi, 4 Mei 2007.
Indati, A. & Ekowarni, E. (2006). Kesenjangan Pola Asuh Jawa Antar Dua Generasi. Jurnal Psikodinamik, Vol 8, No. 1, 2006.
Idrus, M. (2006). Kepercayaan Eksistensial Remaja Jawa. Jurnal
Psikologi Islami,Volume.1, No.1.Yogyakarta: Pengurus Pusat
Asosiasi Psikologi Islami.
Jurnal Psikologika. (2002). Sekapur Sirih, Memaknai Perbedaan
Budaya Dari Perspektif Psikologi. Jurnal Psikologika, No.13.2002. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia.
Kartono, K. (2006). Patologi Sosial 2: Kenakalan Remaja. Rajawali
Pers. Jakarta.
Koentjaraningrat. (1985). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Aksara Baru.
Lunata, L.P & Ahkam, M. Peran Pemantauan Diri Dalam
Mengurangi Kecenderungan Berperilaku Nakal Pada Remaja.
Makasar. Jurnal Intelektual, Pebruari 2005, Volume 3 No. 1.
Masngudin. (2004). Kenakalan Remaja Sebagai Perilaku menyimpang Hubungannya DenganKeberfungsian Sosial Keluarga. Jakarta. Badan Latbang Sosial Departemen Sosial RI.
Muniarti, J. & Beatrix,S. (2000). Perbedaan Nilai Remaja Sekarang Dengan Remaja Generasi Sebelumnya.Jakarta. Jurnal
Psikologi Sosial. No.7.FakultasPsikologi Univeristas Indonesia.
Sarwono, S.W. (2002). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pres.
Soekanto, S. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taryati, dkk. (1985). Pembinaan Budaya Dalam Lingkungan Keluarga. Yogyakarta: Proyek Pengkajian dan Pembinaan NilaiNilai Budaya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Utama, S, J. (2003). Psikologi Budaya (Cultural Psychology); Kritik dan Konstruksi Pemikirannya. Yogyakarta. Jurnal Suksma. Vol.2. No.1. Universitas Sanata Dharma
Article Metrics
Abstract view(s): 7427 time(s)PDF: 5105 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.