ADAB PENCARI ILMU DAN STRATEGINYA DALAM KITAB HILYAH THALIB AL-‘ILMI
Fadhlurrahman Rafif Muzakki(1*)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adab dan strategi pencari ilmu dalam kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber primer yang dijadikan rujukan adalah kitab Hilyah Thalib al-‘Ilmi karya Bakr bin Abdullah Abu Zaid. Adapun teknik pengumpulan menggunakan cara dokumentasi, sedangkan untuk menganalisisnya digunakan penelitian yang bersifat deskriptif-analisis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Adab pencari ilmu menurut Bakr bin Abdullah terdapat empat adab; adab terhadap diri sendiri, adab terhadap guru, adab berteman dan adab dalam kehidupan ilmiah. 2) Adapun strategi pencari ilmu menurut Bakr bin Abdullah ialah dengan cara; pertama, menghafalkan ringkasan materinya. Kedua, memeriksa hafalan dengan gurunya. Ketiga, tidak menyibukan diri dengan buku-buku tebal, sebelum benar-benar menguasai kaidah-kaidah dasar. Keempat, tidak berpindah kepada ringkasan lain tanpa alasan yang jelas. Kelima, berupaya mencari faidah-faidah dan kaidah-kaidah ilmiah. Keeman, Totalitas dalam mencari dan meningkatkan keilmuan
Key-Word : Adab, Strategi, Pencari Ilmu.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adib, S. (2014). Metode Penulisan Karya Ilmiah Dilengkapi dengan Salinan Pedoman Umum EYD dan Translitrasi Arab-Latin. Karya Media.
Agustian, R. (2022). Tangis Orangtua Saat Tahu Anaknya Ditangkap Polisi karena Terlibat Tawuran di Kemayoran. Megapolitan.Kompas.Com.
Al-Abrasyi, M. A. (1970). Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Bulan Bintang.
Al-Ghazali. (2007). Ihya Ulumudin, cet. ke-2. Pustaka Amani.
Aminah. (2013). Konsep Pendidikan Islam Syeikh Az-Zarnuji (Telaah Filsafat Islam). Jurnal An-Nur, V(2), 291–312.
Anshori, A., & Fanany, A. A. (2017). Pemikiran Bakr Bin Abdullah Dan Abdul Qadir Bin Abdul Aziz Tentang Adab Dan Akhlak Penuntut Ilmu. Jurnal Studi Islam, 18(2), 130–138.
Bahrul Ulum. (2020). Tradisi Menulis Ulama Indonesia (Abad Ke-19 Sd. 21). WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(2), 15. https://doi.org/10.51590/waraqat.v4i2.89
Bisyri, M. H. (2009). Mengakhiri Dikotomi dalam Dunia Pendidikan. Farum Tarbiyah, 07(02), 181–194.
Busthami, S. H. (2018). PENDIDIKAN BERBASIS ADAB MENURUT A. HASSAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-01
Haryanto, M. (2015). Ushul Fikih : Mengenal Kajian Metodologi Hukum Islam. Kreasi Wacana.
Hasibuan, A. A. (2016). Ta’dib sebagai Konsep Pendidikan: Telaah atas Pemikiran Naquib Al-Attas. Jurnal At-Turas, 3(1), 43–54.
Isma’il, I. bin. (2007). NoMuta’allim, Syarh Ta’lim Title. Dar al-Kutub al-Islamiyah.
Khilmiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Machun, T. (2016). Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 223–234.
Nata, A. (2007). Ilmu Pendidikan islam. Prenada Media Grup.
Noer, M. A., & Sarumpaet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 181–208. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028
Rahman, Y. A. (2014). Implementasi Konsep Muahadah Mujahadah, Muraqabah, Muhasabah Dan Mu’aqabah Dalam Layanan Customer. Bisnis Islam |, VIII(2), 123–134.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. ALFABETA.
Subky, B. H., Hafidhuddin, D., Husaini, A., Ibn, U., & Bogor, K. (2015). Kondeps. 4(1), 69–102.
Sudarto. (1996). Metode Penelitian Filsafat. Raja Grafindo Persada.
Suharsini, A. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Umar, bin A. bin U. al-K. (2009). Juhud Doktor Syaikh al-‘Alamah Bakr Abu Zaid Fi Da’wah Ila Allah Ta’ala (Dirasah Tahliliyah Wa shafiyah). Universitas Islam Madinah.
Utsaimin, S. I. (2013). Syarh Hilyatu Thalib Al-Ilmi. : Muassasah Syaikh Muhammad Shalih Ibn Utsaimin.
Zaid, B. bin A. A. (2002). Hilyah Thalib al-‘ilmi. Muassasah Risalah.
Article Metrics
Abstract view(s): 323 time(s)PDF: 249 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.