RELEVANSI KONSEP FITRAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
Hanifa Hanifa(1*), Muh. Nur Rochim Maksum(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan adalah salah satu metode terbaik dalam membentuk sebuah karakter yang sesuai dengan norma-norma yang tinggi dan mengeluarkan potensi-potensi manusia yang terpendam. Pendidikan memiliki banyak metode dan cara yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan peserta didik. Pemilihan metode yang tepat dalam pendidikan akan menghasilkan output yang maksimal. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih metode Pendidikan yang sesuai adalah bagaimana hakikat keadaan manusia tatkala dia lahir. Berbagai macam perspektifpun akhirnya mucul berbicara akan hal tersebut. Dan islampun datang dengan konsep fitrahnya. Oleh karenanya penting bagi pendidik ketika memilih metode mana yang terbaik dalam Pendidikan untuk mendalami konsep fitrah ini dan apa perbedaannya dengan konsep-konsep lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pustaka dengan mendokumentasikan dari sumber-sumber yang ada baik jurnal maupun buku-buku. Tujuan dari penelitian ini adalah mengupas relevansi fitrah terhadap Pendidikan terkhusus Pendidikan islam yang berimbas dalam pemilihan metode Pendidikan terbaik kepada peserta didik. Manfaat dari penelitian ini dapat mengetahui dan memilih metode Pendidikan yang terbaik yang akan digunakan dalam mendidik peserta didik. Hasil penelitian ini adalah ditemukannya metode terbaik dalam Pendidikan islam dalam mendidik manusia hingga menjadi seorang insan yang kamil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Rahman Abdullah. 2002. Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan lslam Rekontruksi Pemikiran daiam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam Yogjakarta: UII Press.
Ahmad Warson Munawwir. 1984. Kamus Arab-lndonesia Yogyakarta: PP al-Munawwir.
Al-Banjari, Rachmat Ramadhana. 2008. Membaca Kepribadian Muslim Seperti Membaca Al-Quran Cet. I; Jogyakarta: DIVA Perss.
Al-Maragi. 1992. Tafsir al-Maragi, alih bahasa Bahrun Abubakar dkk, Semarang: PT Karya Toha Putra.
Amir, D. 2012. Konsep Manusia dalam Sistem Pendidikan Islam. Al-Ta’lim2, 1(3), 188–200.
Aslan. 2017. Pendidikan Remaja Dalam Keluarga di Desa Merabuan, Kalimantan Barat ( Perspektif pendidikan Islam). Al-Banjari, 16(1), 122–135.
Darajat, Darajat, dkk. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Cet, VII; Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Tangerang: Pantja Cemerlang.
Faturrahman, M. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi, 4(1), 1–25.
Hafidz. (2008). Konsep manusia yang menyejarah sebagai dasar pengembangan epistemologi pendidikan Islam. Jurnal Filsafat, 18(2), 1–19.
Hamka. 2002. Tafsir Al-Azhar Juz XXl Jakarta: Pustaka Panjimas.
Hidayati. 2016. Pendidikan Anti Korupsi Tinjauan Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 100–128.
Ibnu Jarir At-Tabarii, Tafsir At-Tabari (Beirut: Dar aI-Fikr, tt, jilid XI).
Ibnu Kasir, Tafaral-Qur'an al-Aziim Jilid V (Beirut: Dar al-ankas, tt).
Ibrahim, M. 1990. Pendidikan Agama Islam Untuk Mahasiswa. Yogyakarta: Erlangga.
Ismail, S. 2013. Tinjauan Filosofis Pengembangan Fitrah Manusia dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 8(2), 242–263.
JalaIuddin. 2001. TeoIigi Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo.
Jamal al-Din ibn al-Jauzi. 2002. Zad al-Masir, Beirut: Dar ibn Ḥazm.
Lutfiyani. (2016). Pendidikan Karakter Dibentuk Dari Fitrah Manusia. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 129–145.
Muhaimin dkk. 2004. Paradigma Pendidikan lslam Upaya Menefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad lbn Isma'il Abu Abdillah Al-Bukhari. 1981. Sahih Bukhari Beirut: Dar aI-Fikr.
Muḥammad bin Abi Bakar bin ‘Abd al-Qadir al-Razi. 1986. Mukhtar al-Sihah, Beirut: Maktabah Lubnan.
M.Rusli Karim. 1987. "Hakekat Pendidikan Islam sebagai Upaya Pembebasan Manusia" dalam Ahmad Busyairi dan Azharuddin Sahil (ed)., Tantangan Pendidikan Islam Yogyakarta: LPM UII.
Muspiroh, N. (2016). Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA ( Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484–498.
Najahah. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro, 14(2), 135–147.
Pransiska, T. (2016). Konsepsi Fitrah Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 17(1), 1–17.
Ridlwan, N. A. (2013). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Komunika, 7(1), 1–11.
Rifai, M. (2016). Peranan Orang Tua Sebagai Wali, Pembimbing, dan Pendidik Pada Perkembangan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Premiere Educandum, 1(1), 1–10.
Sahadewa, N. W. (2013). Konsep Manusia Menurut Mohandas Karamchand Gandhi. Jurnal Filsafat, 23(1), 1–20.
Sukring. (2016). Pendidik dalam Pengembangan Kecerdasan Peserta didik ( Analisis Perspektif Pendidikan Islam). Tadris, 1(1), 57–68.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan, Dengan Pendekatan Baru. Cet. XIV; Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.
Ulwan. (1992). Pendidikan Anak Menurut Islam Kaidah-kaidah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman Abu Bakar dan Surohim. 2005. Fungsi Ganda Lembaga Pendidikan Islam (Respon Kreatif Terhadap Undang-Undang Sisdiknas) Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Zainuddin, M. R. (2015). Peran Pondok Pesantren Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi, 3(1), 751–764.
Article Metrics
Abstract view(s): 302 time(s)PDF: 327 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.