Analisis Implementasi Entrepreneurship Pondok Modern Gontor Putri

Ali Mustofa(1*), Nurmashani Mustafidah(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
(2) STIT Muhammadiyah Bojonegoro
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk praktik mengetahui yang terbaik dari konsep karakter Triono santriwati Perpektif Pimpinan Pondok gontor putri mantingan Ngawi dan proses dari pembelajarannya. Pesantren didirikan dengan tujuan menciptakan dan mengembangkan kepribadian muslim yaitu kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan, berakhlak mulia, bermanfaat dan berhidmat kepada masyarakat, mampu berdiri sendiri atau mandiri, bebas dan teguh dalam kepribadian, menyebarkan agama dan mewujudkan Islam dan kejayaan umat, dan mencintai ilmu dalam rangka mengembangkan kepribadian Indonesia, Riset yang dipilih adalah penelitian kualitatif.Pendekatan pendekatan ini dilandasi oleh adamya kebutuhan akan pemberitahuan ataupun pencahayaan yang deskriptif, yaitu yang mempunyai bentuk penjabaran rencana informasi atau ide dalam suatu dokumen, berbentuk cerita dari narasuinber terpilih, dan keinginan mendapat data atau pernyataan-pernyataan dari 'dalam' (perspektif emik) . Kemandirian merupakan ruh yang menjiwai PM Gontor Putri sekaligus sebagai hasil ; kemandirian institusional (pondok) meliputi aspek pendidikan, aspek finansial , dan aspek politik, sedangkan kemandirian personal (santriwati) meliputi kemandirian intelektual (berfikir), kemandirian behavioral.

 

Keywords

Implementasi, Entrepreneurship, Pondok Modern Gontor Putri

Full Text:

PDF

References

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301.

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 1075-1090.

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 111.

Irsad, M. (2016). Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif Azyumardi Azra. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 149-159.

Lin, CH, Zhang, Y., & Zheng, B. (2017). Peran strategi dan motivasi belajar dalam pembelajaran bahasa online: Analisis pemodelan persamaan struktural. Komputer & Pendidikan , 113 , 75-85.

Nugraheni, YT, & Firmansyah, A. (2021). Model Pengembangan Pendidikan Karakter di Pesantren Khalaf (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta). Kualitas , 9 (1), 39-56.

Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (Kmi) Di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 22.

Supriyanto, EE (2020). Kontribusi pendidikan pesantren bagi pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nusantara , 1 (1), 13-26.

Susandi, A. (2020). Pendidikan Kecakapan Hidup dalam Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Sekolah Dasar: pendidikan kecakapan hidup; nilai-nilai agama Islam; sekolah dasar. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman , 6 (2), 95-111.

Susandi, A., Mas’ula, S., Setiawan, B., Dirgayunita, A., & Fadilah, Y. (2022). Eksistensi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(1), 49-57.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Thohiroh, H., Novianti, LE, & Yudiana, W. (2019). Peranan persepsi dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif di sekolah pada siswa Pondok Pesantren Modern. Psimpatik: Jurnal Ilmiah Psikologi , 6 (2), 131-144.

Defi, W. F. (2020). Manajemen Karakter Peserta Didik Pesantren di Era Pandemi (Studi Kasus Smp Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(2), 146-151.

Winda, C., Rizal, A. S., & Afriatin, T. S. (2017). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam Di Sma Islam Terpadu Miftahul Khoir. Tarbawy, 4(2), 165.

Winda, C., Rizal, AS, & Afriatin, TS (2017). Implementasi Manajemen Pendidikan Islam dalam Membina Kepegawaian Islami di SMA Islam Terpadu Miftahul Khoir Dago Bandung. TARBAWY: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia , 4 (2), 162-178.

Article Metrics

Abstract view(s): 234 time(s)
PDF: 177 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.